Friday, March 29, 2024

6 Hal yang Membuat Kran Shower Kamar Mandi Anda Bocor

kran shower

Kran kamar mandi yang bocor tentu saja sangat merugikan. Selain membuat kamar mandi basah, kran shower yang bocor juga membuat pengeluaran air Anda membengkak. Sebelum mencari solusinya, Anda juga perlu tahu apa saja faktor yang membuat kran kamar mandi Anda bocor. Simak artikel ini untuk menemukan jawabannya! 


6 Hal yang Membuat Kran Shower Kamar Mandi Bocor


Langsung saja, berikut ini adalah hal-hal yang membuat kran kamar mandi Anda bocor:


1. Kran Tidak Tertutup dengan Baik


Penyebab kebocoran yang pertama yaitu kran tidak tertutup dengan rapat. Ada beberapa hal yang menyebabkannya seperti penumpukan kerak atau kotoran, pemasangan kran yang kurang tepat, dan lain sebagainya. 


2. Cartridge Kran Rusak


Cartridge merupakan bagian kran yang berfungsi mengontrol suhu dan aliran air. Jika cartridge rusak, maka akan menyebabkan kebocoran. Terutama jika terjadi retakan atau aus. Pemakaian berlebihan juga membuat cartridge kran menjadi bocor. 


3. Tuas Kran Macet


Ternyata, tuas kran yang macet juga menjadi salah satu penyebab kran menjadi bocor. Ada banyak hal yang menyebabkan tuas kran macet seperti kurangnya pelumasan, penumpukan kotoran, atau keausan.

 

4. Air yang Keluar Terlalu Kuat


Jika tekanan air yang keluar dari kran terlalu kuat, maka kran tidak mampu menampungnya sehingga bocor. Biasanya, kran dirancang untuk mengatasi tekanan air tertentu. Jadi, jika tekanan airnya di atas kapasitas kran maka bisa menyebabkan kebocoran. 


5. Ada Sambungan yang Rembes


Apakah Anda menggunakan kran yang banyak sambungannya? Coba cek pada bagian sambungan tersebut. Anda membutuhkan perangkat pengatur tekanan air agar bisa meminimalisir terjadinya kerusakan kran akibat tekanan yang terlalu besar. 


6. Bagian Katup atau Seal Rusak


Terakhir, kerusakan pada bagian katup atau seal. Katup pada kran berfungsi untuk mengatur aliran air. Sementara seal berfungsi untuk menyegel antarmuka bagian-bagian kran. Apabila rusak, maka akan terjadi kebocoran pada celah-celahnya. 


Nah, itulah hal-hal yang menyebabkan kran shower kamar mandi Anda bisa bocor. Jika tidak ingin kran bocor, maka Anda harus menggunakan kran yang berkualitas. KOHLER menawarkan banyak pilihan produk kran berkualitas. Ada kran parallel maupun composed dengan keunggulannya masing-masing. Temukan kran terbaik dari KOHLER dengan mengunjungi website resminya! 


EmoticonEmoticon