Saturday, March 28, 2015

Pengaruh Mimpi Buruk Terhadap Kesehatan

Sebagai seorang manusia, tentunya saat sedang beristirahat terutama tidur sering kali mengalami mimpi. Mendengar nama mimpi tentunya tidak asing lagi bukan. Ya, mimpi juga sering disebut dengan bunga tidur yang berarti hanya sebuah imajinasi otak ketika tubuh seseorang dalam keadaan tidak sadar (tidur). Namun, tahukah anda ? Mimpi buruk dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.


Pengaruh Mimpi Buruk Terhadap Kesehatan
Meski sebagian orang tidak mempercayai bahwa mimpi buruk berpengaruh terhadap kesehatan, namuan sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa mimpi buruk juga ternyata memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan psikologis manusia.

Menurut salah satu peneliti asal India, Dr. Seema Hingorrany, ia menyatakan bahwa mimpi buruk sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan manusia seperti stres dan depresi, yang mana kondisi tersebutlah yang dikenal sangat rawan terkena serangan jantung. Selain itu, mimpi buruk juga berpengaruh negatif untuk hubungan keluarga terhadap anak, pasangan, dan anak.

Seperti yang di lansir Times of India, mimpi buruk seperti dikejar-kejar oleh hal yang dianggapnya menakutkan ternyata dapat berpengaruh terhadap kehidupan nyata. Terutama, jika mimpi buruk tersebut dialami oleh anak-anak atau remaja yang kondisi psikologisnya masih terbilang rentan.
Hal tersebut akan sangat berdampak buruk jika mengalami mimpi buruk secara berkelanjutan. Mimpi buruk yang berkelanjutan akan mengakibatkan kasus lebih parah yaitu Post Traumatic Stress atau terjadi gangguan jiwa lanjutan. Dalam kasus ini, depresi biasanya akan banyak hinggap pada penderita.

Ada juga tips yang dapat meminimalkan mimpi buruk yang kini anda sudah tahu dampak negatifnya. Dr. Hingorrany menyarankan agar orang yang sering mengalami mimpi buruk untuk tidak menahan emosinya terlalu lama serta membuka lebar-lebar pikirannya. Selain itu, lakukan juga aktivitas olahraga secara teratur. Dengan melakukan olahraga dengan rutin dan teratur, menurutnya dapat meminimalisir terjadinya mimpi buruk.
Tips sederhana lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan meminum susu hangat sebelum tidur. Dengan meminum susu hangat dipercaya selain baik untuk kesehatan, juga sangat berguna membantu menenangkan mental.
Membiasakan diri untuk menjadwal jam tidur secara teratur juga hal yang perlu diperhatikan. Karena dengan membiasakan diri menjadwal waktu tidur sangat berguna untuk menghilangkan gangguan-gangguan tidur termasuk mimpi buruk.