Wednesday, October 7, 2015

Membangun Bisnis Tanpa Modal

Memiliki suatu bisnis merupakan salah satu keinginan hampir setiap orang. Hal ini dikarenakan bisnis dapat menjadi tabungan jangka panjang karena jika dikelola dengan benar, tidak hanya dapat menjadi sumber penghasilan untuk diri sendiri namun juga orang lain. Akan tetapi, terdapat banyak kendala yang menjadi penghambat untuk memulai bisnis dan salah satunya adalah masalah modal. Walaupun sebagian besar tidak percaya, akan tetapi, Anda dapat membangun bisnis tanpa modal.

Modal yang dimaksud dapat diartikan sebagai modal dalam bentuk uang ataupun modal dalam kemampuan, tergantung dari cara Anda memandangnya. Jika Anda tidak memiliki modal dalam jumlah yang banyak, Anda dapat melihat di sekeliling Anda tentang barang atau jasa yang dapat Anda gunakan sebagai modal awal. Misalnya jika Anda hanya memiliki jaringan internet, Anda dapat mempunyai bisnis dengan cara berbisnis online.

Membangun Bisnis Tanpa Modal

Reseller dan affiliate

Dalam bisnis online, Anda tidak harus memiliki barang atau jasa yang akan dipasarkan walaupun memang sebaiknya memang memiliki produk baik jasa ataupun barang. Anda dapat memulainya dengan cara menjual barang milik orang lain. Banyak cara yang dapat dilakukan misalnya menawarkan barang dari teman atau orang lain dan dengan cara lain yaitu dengan sistem affiliate. Jika menggunakan sistem affiliate, Anda hanya perlu untuk mendaftar di situs tersebut dan menawarkan barang yang ada di situs yang telah Anda daftar di blog atau website pribadi milik Anda.

Penulis lepas

Jika Anda merupakan salah satu orang yang pintar menulis, Anda dapat menggunakan kemampuan Anda untuk menjadi penulis lepas. Anda hanya perlu komputer atau laptop untuk memulai usaha tersebut atau jika perlu ditambah dengan koneksi internet sehingga tulisan Anda menjadi lebih dikenal. Dari buku atau dari sumber lainnya yang Anda dapatkan, Anda dapat menulis sesuatu sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda. Dengan menggunakan jaringan internet, selain menjadi penulis lepas untuk suatu website, Anda juga dapat mengirimkan tulisan Anda, mungkin novel atau tulisan tertentu yang bermanfaat dan berkualitas, ke situs tertentu atau ke penerbit dengan cara online.

Blogger

Menjadi seorang blogger merupakan bisnis tanpa menggunakan modal lainnya yang dapat Anda lakukan. Dari pengelolaan dan pengaturan yang benar, blog milik Anda dapat menjadi sumber penghasilan. Jika terdapat trafik pengunjung yang tinggi, Anda dapat memanfaatkannya dengan menyediakan space iklan bagi pihak lain. Dalam website tersebut, Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas dan layanan yang ada di internet misalnya dari salah satu search engine untuk pembayaran pay per click. Akan tetapi, jika Anda memilih memulai usaha dengan cara menjadi blogger, Anda tidak dapat memperolehnya dengan cara yang mudah dan instant karena untuk mendapatkan pengunjung yang banyak, harus memiliki kemampuan tersendiri misalnya menjadi webmaster.

Menawarkan jasa

Jika Anda tidak memiliki uang untuk membeli barang namun Anda memiliki kemampuan tertentu, Anda dapat menawarkan jasa dari kemampuan yang Anda miliki untuk memulai bisnis tanpa modal. Beberapa peluang usaha tersebut diantaranya yaitu:

• Menjadi broker atau agen terutama jika Anda memiliki kemampuan marketing yang baik. Anda tidak harus terikat pada satu perusahaan namun Anda menjadi agen lepas yang dapat menawarkan barang atau jasa ke pembeli dan juga ke pihak penjual. Biasanya dari pihak yang menggunakan jasa agen, akan memberikan tips dalam jumlah tertentu.
• Menyediakan jasa SEO agar website memiliki trafik pengunjung yang tinggi dan meningkatkan omset penjualan.
• Menjadi design grafis


EmoticonEmoticon