Tuesday, October 11, 2016

Hubungan Anatara Pembangunan Jalan Raya Dengan Kendaraan

Hubungan Anatara Pembangunan Jalan Raya Dengan Kendaraan

Dewasa ini, infrastruktur di negeri ini semakin maju dan berkembang. Misalnya saja dalam hal fasilitas jalan raya. Kini sudah banyak jalan mulus yang di bangun di indonesia. hingga ke pedesaan pun jalan sudah mulai dibangun. Memang keberadaan fasilitas jalan ini sangat dibutuhkan sekali untuk mobilitas kehidupan masyarakat. Jika tidak ada jalan raya, maka akses masyarakat akan terhambat. 

Lalu lintas masyarakat untuk melakukan aktifitasnya juga akan mendapatkan kendala jika tidak ada jalan raya. Sedangkan di amsa sekarang, orang dituntut untuk serba cepat. Apalagi jika ia bekerja sebagai pegawai , tentunya membutuhkan akses jalan yang lancar untuk pergi ke kantor, atau juga jika di sana banyak petani, pastinya juga membutuhkan jalan untuk media transaksi dengan pengepul. Sehingga adanya jalan raya sangat dibutuhkan , supaya motor , mobil bisa lewat dengan mudah.
Hubungan Anatara Pembangunan Jalan Raya Dengan Kendaraan
Jalan yang pada dasarnya didesain untuklalu lintas seperti kendaraan jenis mobil, motor, kini sudah mulai dikembangkan dan dibangun menajdi lebar. Pelebaran jalan juga memang mempengaruhi akses jalan raya itu sendiri. Bayangkan jika jalan hanya cukup untuk motor dan mobil saja, tentunya akses untuk kendaraan besar seperti truk dan bis tidak akna leluasa untuk melewati jalan raya tersebut. 

Oleh sebab itu kini dalam pembangunan infrastruktur, jalan raya dibuat menajadi semakin lebar supaya akses kendaraan besar menajdi lancar dan leluasa. Kenapa harus mementingkan kendaraan besar? Karena biasanya kendaraan besar mengangkum komoditas – komoditas pasar yang dibutuhkan secepatnya. Sehingga jika jalur atau lalu lintas yang dilaluinya lancar maka kendaraan itu bisa menyampaikan komoditas ke tempat tujuan sesuai waktu yang direncanakan. 

Selain untuk kelancaran kendaraan yang besar, adanya pelebaran jalan atau pembangunan infrastruktur dalam fasilitas jalan raya juga berhubungan dengan menghindari macet atau mengurangi macet. Karena sekarang semakin banyak kendaraan motor yang digunakan oleh masyarakat indonesia, maka otomatis, kuota jalan raya pun harus ditingkatkan. 

Karena jika tidak seimbang antara jumlah kendaraan bermotor dan juga luas jalan raya, maka kemacetan akan semakin tidak terkendali. Volume kendaraan yang memuncak di jam – jam tertentu dan akses jalan yang terbatas dan juga tidak cukup maka akan semakin memperburuk kendaraan. Oleh karena itu salah satu dari solusi untuk mengurangi kemacetan adalah dengan memperlebar jalan raya.

Kemudian juga kendaraan bermotor kini sangat diminati oleh masyarakat, karena masyarakat membutuhkan kendaraan bermotor untuk kemudahan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya yang jaraknya jauh . jika tidak ada kendaraan maka masyarakat akan terhambat dalam aktifitasnya. Karena kebutuhan akan kendaraan inilah maka jalan raya sangat dibutuhkan sekali , selain keberadaannya perkembangan fasilitasnya pun sangat dibutuhkan oleh masyarakat.


EmoticonEmoticon