Thursday, November 17, 2016

Tip merawat baterai gadget

Tip merawat baterai gadget
Baterai pada sebuah smartphone merupakan hal yang harus mendapat perhatian lebih, sebab semua fitur yang terdapat pada sebuah android tidak akan berjalan dengan baik jika kondisi baterainya dalam keadaan kosong. Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu menjaga agar kondisi baterai yang terdapat pada semua jenis gadget dalam kondisi baik. 

Ada beberapa hal yang akan terjadi jika kondisi baterai sebuah handphone kita dalam keadaan tidak bagus. Pertama sudah tentu akan mempengaruhi fungsi dari beberapa fitur yang terdapat pada handphone tersebut, kedua bisa saja handphone akan susah untuk dinyalakan jika kondisi baterainya bermasalah. Hal ini yang paling sering terjadi, akibat terlalu lama membiarkan handphone tersebuat dalam keadaan mati.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar kondisi baterai dari gadget yang kita miliki dalam kondisi baik dan awet saat dipakai antara lain :
Jangan mencharger terlalu lama

Hal pertama yang harus kita perhatikan yaitu jangan membiasakan mencharger handphone kita terlalu lama sebab hal tersebut justru akan membuat kekuatan baterai berkurang. Sebaiknya disaat mencharger hp dilakukan secara bertahap misalnya dari 10% ke 50%, lalu dari 50% ke 80% baru setelah itu kita biarkan sampai 100%. 

Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan yaitu mencharger hp saat mau tidur. Bayangkan saja misalnya kita tidur mulai pukul 10 malam dan bangun jam 5 pagi. Membiarkan hp dalam posisi dicharger selama 7 jam tentu suatu hal yang tidak tepat, dan hal tersebut akan membuat baterai hp kita cepat rusak.

Jangan terlalu sering memakai powerbank
Sejak awal kemunculannya powerbank memang langsung banyak diminati oleh sebagian orang terutama mereka yang sering melakukan perjalanan jauh sehingga membutuhkan sumber listrik untuk mencharger hp. Tapi disisi lain pemakaian powerbank yang terlalu sering justru akan membuat baterai hp kita cepat rusak. 

Hal itu terjadi karena besaran arus listrik yang dihasilkan dari powerbank tidak sesuai dengan besarnya arus listrik jika kita mencharger langsung di sumber listrik.
Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar baterai gadget kita tetap awet meskipun sudah berumur lama.


EmoticonEmoticon