Tuesday, November 15, 2016

Tips Merawat Baterai Gadget Agar Tahan Lama

Tips Merawat Baterai Gadget Agar Tahan Lama

Semakin canggih sebuah smartphone, maka berbagai perangkat di dalamnya membutuhkan daya yang semakin besar. Hal ini mengakibatkan baterai akan cepat habis karena gadget anda sering dipakai memainkan berbagai aplikasi berat seperti game online dan aplikasi lainnya. Baterai memegang peranan sangat penting dalam ponsel cerdas anda. Jika anda berada jauh dari rumah, dan anda terus mengoperasikan smartphone maka anda memerlukan daya tahan baterai yang lebih baik dan tahan lama. Ada banyak hal yang harus dihindari agar daya tahan baterai bisa selalu terjaga, seperti hindari pengisian ulang baterai secara berlebihan, atau juga membiarkan smartphone kehabisan daya hingga mati. Berikut ini tips merawat baterai smartphone agar awet dan tahan lama:

  • Atur kecerahan layar smartphone
Agar baterai awet saat di luar, anda bisa mensiasatinya dengan mengatur kecerahan layar gadget (brightness) tetap rendah. Hal ini dikarenakan bagian layar memerlukan konsumsi baterai paling besar dibandingkan komponen lainnya.
  • Putuskan berbagai koneksi yang tidak terpakai
Saat di perjalanan, pastikan anda memutuskan berbagai koneksi yang memerlukan daya besar seperti fitur GPS, bluetooth, wi-fi dan lainnya untuk menghemat daya baterai. Jika anda mengaktifkan bluetooth dan wi-fi maka fitur tersebut akan terus mencari sinyal dan perangkat yang ada di sekitar sehingga akan menambah beban baterai.
  • Gunakan fitur sinkronisasi yang tepat
Fitur sync (sinkronisasi) di gadget anda tidak harus selalu aktif saat berada jauh dari rumah. Maka anda bisa menyalakannya hanya pada saat pengisian ulang daya baterai saja agar baterai anda bisa bertahan lebih lama.
  • Selalu matikan aplikasi setelah digunaka
Setelah anda selesai menjalankan suatu aplikasi, pastikan anda mematikannya dengan cara yang benar. Hindari keluar dari aplikasi dengan tombol home di bagian tengah karena hal itu membuat aplikasi tetap berjalan di background, anda bisa menekan tombol back secara berulang sampai keluar.
Itulah beberapa hal penting yang bisa anda lakukan untuk menghemat baterai gadget, terutama saat anda berada jauh dari rumah atau berada di tengah perjalanan, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon