Tuesday, December 6, 2016

Pemanfaatan Gadget untuk Anak

Gadget tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, ternyata gadget juga dapat dimanfaatkan untuk anak-anak, dengan syarat dipandu oleh orang dewasa atau oleh orang tuanya. Pada dasarnya anak tidak diperkenankan menggunakan gadget, apalagi tanpa pengawasan dari orang tua ditakutkan mengakses situs-situs yang tidak dikhususkan bagi anak-anak. Namun dengan bimbingan dan pengawasan dari orang tua dirasa wajar-wajar saja, apalagi dalam hal pengetahuan atau menambah wawasan. 

Terkadang namanya anak-anak selalu ada rasa bosan apalagi kalau disuruh baca buku, dengan adanya gadget yang canggih dapat mengakses berbagai macam cerita bergambar atau tulisan yang bergerak, itu yang disukai anak-anak. Pemanfaatan gadget untuk anak memang dirasa sangat dibutuhkan, apalagi anak yang susah diajak untuk belajar dan diberi buku pelajaran, sering menghindar atau malas. Dengan cara ini, metode pembelajaran bagi anak akan dirasa efektif.

Gadget memang memiliki banyak manfaatnya apabila jika digunakan dengan bijak, dimanfaatkan sesuai kebutuhan, begitu juga untuk metode pembelajaran bagi anak-anak, orang tua dapat mengawasinya pada saat anak bermain gadget, namun perlu diperhatikan juga alangkah baiknya di gadget tersebut diisi dengan berbagai macam pelajaran atau cerita khusus anak-anak, jangan banyak menyimpan game-game yang membuat anak ketagihan ingin memainkannya, bukannya belajar malah bermain game. Coba ajarkan anak Anda untuk membaca dengan media gadget tersebut, biasanya menggunakan tablet agar lebih efektif, berikan pelajaran membaca berbentuk audio-visual agar anak dapat memahami dan tidak bosan, dengan begitu sambil bermain sambil belajar juga. 

Gadget bagi anak banyak sekali manfaatnya, selain mengajarkan anak agar tidak gaptek atau gagap teknologi pada saat masuk dunia sekolah, maka ajarkan anak untuk memanfaatkan gadget sesuai kebutuhan, ajarkan anak juga untuk memahami penggunaan gadget yang sesuai dengan keperluan, dengan begitu anak akan mulai memahami mana yang baik dan mana yang salah.

Orang tua tidak ada salahnya mengajarkan anak untuk belajar menggunakan gadget, apalagi untuk pembelajaran. Pemanfaatan gadget untuk anak dapat dilakukan pengawasan oleh orang tuanya agar terpantau.


EmoticonEmoticon