Friday, December 15, 2017

Permainan Tradisional Anak Lompat Tali

permainan olahraga tradisional
Permainan anak memang sangat banyak sekali di Indonesia, akan tetapi di zaman sekarang anak – anak jarang memainkannya entah karena perkembangan zaman atau lain sebagainya, akan tetapi permainan olahraga tradisional Indonesia ini sangat menarik sekali dan menyenangkan bagi anak – anak dari pada bermain gadget terus ataupun menonton tv hingga pada akhirnya membuat mata menjadi rusak. 

Permaianan tradisional selain menyenangkan, bisa dijadikan sebagai olahraga karena banyak gerak dan terkadang melelahkan seperti permainan lompat tali. Nah permainan ini sangat populer sekali di zamananya. Saat ini anda masih bisa menemukan permaianan ini tapi tidak sebanyak zaman dahulu tentunya. Biasanya permainan yang satu ini dilakukan oleh anak perempuan ataupun juga laki – laki.
permainan olahraga tradisional
Permainan lompat tali ini merupakan salah satu permainan olahraga tradisional yang terbuatdari karet gelang yang digabungkan dan di sambung atau susun hingga memanjang. Untuk sejarah dari lompat tali ini, sebenarnya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda di Indonesia.

Pada awalnya dimainkan oleh anak – anak Belanda yang ada di Indonesia. Namun pendapat lain ada yang mengatakan bahwa permainan ini berasal dari Benua Eropa yang menyebar ke benua – benua lainnya, salah satunya masuk ke Indonesia. Selain dari benua Eropa ada juga pendapat yang mengatakan dari Cina, Australia, Mesir dan lain sebagainya.

Untuk peraturan serta cara bermain lompat tali ini sangat mudah sekali, namun pertama – tama harus membuat tali terlebih dahulu dari karet gelang dan di susun memanjang. Nah setelah di buat mulailah bisa bermain. Untuk pemainnya sendiri bisa lebih dari 3 orang, selain itu ada dua orang sebagai pemegang tali karet tersebut dua orang, dan pemain sisanya bertugas untuk melompati karet yang di putar – putar. 

Selain itu ketinggian karet itu, dimulai dari mata kaki hingga mencapai keppala bahkan tangan yang di acungkan ke atas. Selain itu, ketingian pada bagian dada mengharuskan para peserta untuk melompat tanpa mengenaik tali karet. 

Nah apabila salah satu pemain terjerat tali tersebut maka peserta tersebut dianggap gagal atau gugur dalam permainan ini dan di gantikan oleh pemain lainnya atau si pemegang tali karet. Apabila semua pemain sudah lolos dari rintangan tadi maka permainnya berakhir atau di ulang lagi dari awal.


EmoticonEmoticon