Thursday, May 9, 2019

Teknologi Indonesia untuk Mendeteksi Makanan Halal dan Haram

teknologi indonesia
Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama islam. Dalam hal ini kebanyakan masyarakat bingung akan kehalalan makanan instan yang mereka beli.  Bukan hanya pada makanan, ketetapan halal juga diperlukan pada produk obat-obatan dan kosmetik yang merupakan suatu kebutuhan dari masyarakat. 

Untuk mengatasi hal ini sekarang indonesia telah mempunyai alat untuk mendeteksi makanan yang halal atau makanan haram sebagai teknologi indonesia terbaru. Cara yang digunakan untuk membedakan antara makanan halal dan makanan haram adalah mendeteksi unsur gelatin babi yang terkandung dalam makanan maupun produk lainnya seperti kosmetik dan obat-obatan. Pada umumnya unsur babi dalam beberapa produk sulit terdeteksi untuk itu dibutuhkan alat yang mampu mendeteksi unsur babi dengan cepat.
teknologi indonesia
Electronic nose merupakan teknologi indonesia  yang dikatakan sebagai alat pendeteksi unsur babi yang terkandung dalam suatu produk baik makanan, obat, maupun kosmetik. Alat ini mampu mendeteksi produk makanan, kosmetik, dan obat dengan kandungan babi dengan cepat. Sebagai contoh kerupuk kulit yang terbuat dari kulit babi atau kulit babi dapat di deteksi dengan cepat menggunakan alat tersebut tanpa harus uji DNA. 

Prinsip kerja dari alat electronic nose ini seperti hidung manusia namun alat ini mempunyai kepekaan yang sangat baik dan mampu mendeteksi dengan cepat. Inilah yang menjadi kelebihan tersendiri dari electronic nose. Selain untuk mendeteksi makanan halal dan makanan haram, alat ini juga mampu mendeteksi bakteri TBC dengan cepat tanpa uji laboratorium yang sangat kompleks dan membutuhkan waktu lama.

Electronic nose juga dikatakan sebagai teknologi indonesia yang dapat digunakan untuk berbagai hal. Pasalnya selain itu mendeteksi kandungan gelatin babi pada makanan dan produk lainnya, alat ini juga bisa digunakan untuk menguji kualitas teh dan kualitas kopi. Selain itu, electronic nose juga dapat membedakan makanan yang mengandung formalin dengan tepat. 

Ini sangat membantu masyarakat dimana masalah makan berformalin sangat meresahkan masyarakat Indonesia. Melihat beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh electronic nose, maka sebagai warga Indonesia kita harus bangga terhadap perkembangan teknologi yang berkembang di negara kita.


EmoticonEmoticon