Friday, January 10, 2020

Definisi, Ciri-ciri, Jenis, dan Ukuran Poster

Ukuran Poster

Poster merupakan media publikasi berupa tulisan, gambar, ataupun kombinasi keduanya yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada orang banyak. Pada umumnya poster dipasang di tempat-tempat strategis yang mudah dilihat. Biasanya informasi yang ada di dalam poster juga bersifat mengajak masyarakat. Tentunya setiap penggunaannya setiap orang dapat menentukan ukuran poster nya sendiri, jenisnya, dan lainnya.

Kamu pastinya mengetahui bahwa poster memiliki cirinya sendiri. Seperti yang kamu ketahui poster tentunya ditempel di tempat yang ramai sehingga dapat dilihat banyak orang. Poster ini juga dibuat dengan banyak perpaduan warna yang kuat dan kontras. Umumnya, poster menggunakan bahasa yang singkat dan jelas agar dapat dipahami. Selain harus menggunakan bahan yang tidak mudah robek, ukuran poster juga harus proporsional.

Ukuran Poster


Bagi kamu yang ingin membuat poster, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal seperti penggunaan bahasa yang mudah dipahami orang banyak, memuat kalimat yang singkat dan berisi, memuatnya dengan gambar juga, menggunakan bahan yang tidak mudah robek, dan juga ukuran poster yang harus sesuai dengan tempat pemasangan poster yang akan kamu buat dan juga disesuaikan dengan target pembaca postermu nanti.


Selain itu poster yang dibuat harus memuat gambar yang mencolok dan sesuai dengan ide yang akan disampaikan melalui poster tersebut. Pilihan kata yang akan dimuat juga harus bersifat efektif, sugestif, dan juga mudah diingat oleh pembaca. Kemudian, kamu harus menentukan jenis font yang mudah dibaca dengan size font yang besar.
Poster juga memiliki banyak jenisnya seperti poster niaga yang berguna untuk menawarkan barang atau jasa, poster kegiatan, poster pendidikan, dan juga poster layanan masyarakat yang kadang kamu temui di posyandu atau puskesmas.

Selain itu, jenis poster juga dapat dibagi berdasar tujuannya. Seperti poster propaganda yang bertujuan mengajak pembacanya untuk semangat berjuang dalam hidup, poster kampanye, poster ‘dicari’ yang bertujuan mencari seseorang, poster cheesecake yang memiliki tujuan untuk menarik perhatian publik seperti poster musik dengan rockstar papan atas, poster film, poster afirmasi yang berisi tentang motivasi, poster riset, poster kelas, dan juga poster komersial.

Sedangkan dalam hal ukuran, poster tidak memiliki ukuran yang pasti dan hanya akan memiliki ukuran pasti yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan baku poster. Seperti yang sebelumnya disebutkan bahwa poster memiliki jenisnya sendiri. Tentu saja dengan berbagai jenis yang dimiliki poster, hal tersebut juga menentukan ukuran posternya juga. Dan poster memiliki standar ukurannya masing-masing seperti berikut :

Ukuran besar : 61 cm x 91 cm
Ukuran medium : 46 cm x 61 cm
Ukuran kecil : 28 cm x 43 cm
Ukuran A4 : 21 cm x 29.7 cm

Sedangkan ukuran poster yang lain seperti poster yang sering kamu lihat di bioskop itu memiliki standar ukurannya sendiri. Poster bioskop memiliki dua macam ukuran yaitu :
Ukuran bus stop : 101.6 cm x 152.4 cm
Ukuran one sheet : 68.6 cm x 101.6 cm

Umumnya di Indonesia, ukuran poster mengikuti ukuran kertas yang ada seperti ukuran poster yang besar menggunakan kertas A2, poster dengan ukuran sedang menggunakan kertas A3/A3+, dan ukuran kecil menggunakan kertas A4. Berikut ini adalah berbagai ukuran poster yang umumnya digunakan di Indonesia.

Ukuran A2 : 42 cm x 59.4 cm
Ukuran A3+ : 32 cm x 48 cm
Ukuran A3 : 29 cm x 42 cm
Ukuran A4 : 21 cm x 29.7 cm

Poster yang ingin kamu buat tetap harus kamu sesuaikan baik dari komposisi warna, gambar, tulisan, ataupun ukuran posternya. Semua itu tentu sangat berpengaruh bagi para pembaca dan paling tidak kamu harus bisa memahami target pasar yang akan menjadi pembaca postermu.


EmoticonEmoticon