Monday, December 14, 2020

7 Peluang Kerja Jurusan Teknik Informatika yang Banyak Dibutuhkan

jurusan teknik informatika

Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang mempelajari tentang ilmu komputer. Beberapa tahun terakhir, jurusan ini memiliki peminat paling tinggi di antara jurusan-jurusan lainnya. Karena masuk ke rumpun Sains dan Teknologi, tidak heran jika jurusan Teknik Informatika berisi banyak hitungan rumit dan matematika. Selain itu, dibutuhkan kemampuan logika yang baik dalam membuat sebuah program.

Meskipun membutuhkan perjuangan untuk kuliah di jurusan ini, namun hal tersebut akan terbayarkan dengan peluang kerja lulusannya yang banyak. Di tengah kemajuan teknologi, tenaga IT selalu dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Asalkan Anda memiliki skill mumpuni maka Anda tidak perlu takut menjadi pengangguran. Berikut ini setidaknya ada 7 peluang kerja yang banyak dibutuhkan saat ini:

UI/UX Desainer

Tidak hanya fungsinya saja, sebuah sistem juga harus memiliki antarmuka atau tampilan yang baik. Jadi pengguna tidak akan merasa bosan untuk menggunakan aplikasi yang dibuat. Profesi yang bertugas untuk membuat tampilan sebuah program adalah seorang UI/UX desainer. Anda yang ingin menjadi seorang UI/UX desainer juga perlu memiliki kreativitas yang tinggi.

jurusan teknik informatika

Front End Developer

Peluang kerja lulusan jurusan Teknik Informatika selanjutnya adalah front end developer. Jika UI/UX desainer melakukan perancangan desain maka tugas selanjutnya akan diberikan pada profesi front end developer. Mereka harus memastikan bahwa desain tersebut bisa berjalan di berbagai device baik itu desktop ataupun mobile. 

Back End Developer

Jika ada front end developer, maka juga ada yang namanya back end developer. Ranah tugas profesi ini yaitu membuat CMS atau Content Management System, kemudian memastikan bahwa data yang ada di sebuah sistem aman. Apabila ada bug atau masalah, maka mereka juga yang bertanggung jawab menyelesaikan.

System Analyst

System analyst merupakan profesi yang bisa dimasuki oleh mereka yang sudah cukup berpengalaman. Berbeda dengan pekerjaan lain yang kebanyakan berhubungan dengan coding dan pemrograman, system analyst tidak melakukan banyak coding.

Tugasnya yaitu meneliti, merencanakan, mengkoordinasikan, serta memilih sistem operasi untuk sebuah industri. System analyst harus mampu membantu sebuah perusahaan mendapatkan sistem yang dapat mengembangkan perusahaan.

Software Engineer 

Software engineer merupakan profesi di bidang IT yang memiliki tugas utama merancang perangkat lunak sesuai kebutuhan perusahaan atau industri. Jika ingin menjadi seorang software engineer maka Anda harus menguasai Software Development Life Cycle (SDLC).

Web Developer

Website adalah salah satu layanan terpenting dari sebuah perusahaan. Semua perusahaan besar saat ini pasti memiliki website. Semakin banyak data yang dimiliki perusahaan maka pengelolaan website juga harus semakin baik. 

Pasalnya website yang mudah dibajak bisa membuat pelanggan menjadi kurang percaya. Selain membuat website, web developer biasanya juga bertugas memperbaiki website apabila ada masalah.

Network Administrator

Network administrator merupakan profesi terakhir di daftar ini yang bisa dimasuki oleh lulusan Teknik Informatika. Tugas utama seorang network administrator adalah menjaga keberlangsungan jaringan sistem sebuah perusahaan. Beberapa hal yang dilakukan network administrator yaitu mulai dari konfigurasi, pemeliharaan, hingga monitoring jaringan.

Itulah 7 peluang kerja bagi Anda lulusan jurusan Teknik Informatika. IDS Digital College bisa membantu Anda mewujudkan impian menjadi ahli IT. Perguruan tinggi ini bekerja sama dengan universitas ternama di India yaitu PSG School of Technology. Penggunaan kurikulum berbasis internasional membuat lulusannya mampu bersaing secara global. Selain itu, berbagai pendekatan dalam pembelajaran juga berusaha untuk menyiapkan ahli IT baik dalam bisnis startup atau korporasi. Informasi selengkapnya mengenai IDS Digital College ada di website ids.ac.id. 


EmoticonEmoticon