Thursday, June 17, 2021

7 Prospek Kerja Teknik Informatika yang Banyak Dicari Perusahaan



Teknik Informatika semakin diminati setelah perkembangan dunia digital yang meningkat pesat. Banyak calon mahasiswa yang sadar bahwa prospek kerja Teknik Informatika sangat menjanjikan. Semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga IT untuk menyelesaikan masalah-masalah seputar teknologi informasi. Jika perusahaan tidak mengikuti perkembangan teknologi, maka bisa saja mereka ketinggalan dari perusahaan lain. Oleh sebab itu, semua perusahaan yang ingin maju pasti membutuhkan tenaga IT.

Sebenarnya ada banyak sekali prospek kerja dari lulusan Teknik Informatika. Namun berikut ini ada beberapa di antaranya yang paling banyak dicari oleh perusahaan. Apakah saja profesi-profesi tersebut? Berikut daftarnya:



Analis Sistem Komputer

Sesuai namanya, seorang analis sistem komputer memiliki tugas untuk menganalisa sebuah sistem yang ada di perusahaan. Biasanya mereka akan melakukan analisis terhadap sistem yang sudah ada untuk mengetahui kebutuhan lainnya. Beberapa kemampuan yang harus dimiliki analis sistem komputer yaitu ilmu komputer dan elektronik, ketelitian, matematika, dan bahasa inggris.

Admin Database

Admin database memiliki lingkup kerja yaitu melakukan pengawasan dan pengembangan pada sistem basis data atau database. Mereka harus bisa membuat basis data yang berukuran besar mudah diakses oleh yang berwenang. Tanggung jawabnya cukup besar lantaran harus menjaga basis data yang sangat penting.

Web Developer

Seorang web developer biasanya juga menguasai design web sehingga bisa bekerja sebagai web designer. Anda yang ingin menjadi web developer harus menguasai CSS, PHP, HTML or XHTML, serta JavaScript. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus menguasai bahasa pemrograman lain seperti Perl, Python, Go, Java, dan Ruby.

Programmer

Prospek kerja Teknik Informatika yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan adalah programmer. Pekerjaan ini biasanya juga tidak mengharuskan Anda memiliki pengalaman terlebih dahulu. Jadi fresh graduate bisa menjadi programmer asalkan memiliki kemampuan yang mumpuni. Programmer biasanya menguasai banyak bahasa pemrograman untuk mengembangkan program aplikasi, komputer, maupun website.

Software Engineer

Software engineer memiliki tugas untuk mengaplikasikan berbagai prinsip rekayasa perangkat lunak seperti pengembangan, pemeliharaan, pengujian, hingga evaluasi. Ada bermacam-macam software yang dikembangkan oleh software engineering untuk membantu pekerjaan lainnya. Beberapa contohnya yaitu software untuk compiler, sistem operasi, dan network distribution.

Mobile Programmer

Aplikasi berbasis mobile saat ini dibutuhkan banyak perusahaan karena mayoritas pengguna internet adalah pengguna mobile. Seorang mobile programmer tentu saja memiliki tugas untuk membuat aplikasi berbasis mobile. Tidak hanya Android saja, seorang mobile programmer juga harus bisa membuat aplikasi untuk iOS.

Game Developer

Prospek kerja yang terakhir adalah game developer atau pengembang game. Biasanya mereka yang menjadi seorang game developer juga menguasai kemampuan desain grafis. Game termasuk proyek yang berat karena mementingkan animasi grafis yang bagus, programming yang tepat, dan lain sebagainya.

Itulah 7 prospek kerja Teknik Informatika yang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Selain bekerja di perusahaan, lulusan Teknik Informatika juga bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri dengan mendirikan startup. Namun sebelum itu, tentu saja Anda harus meraih gelar sarjana terlebih dahulu. IDS Digital College melalui STMIK Bidakara menawarkan jurusan yang Anda cita-citakan tersebut.

Jurusan Teknik Informatika di STMIK Bidakara memiliki banyak kelebihan seperti kurikulum berbasis internasional, sistem pembelajaran real world assignment, dan lain sebagainya. Di samping itu, STMIK Bidakara juga menawarkan fasilitas lengkap untuk bisa belajar dengan baik. Kunjungi website ids.ac.id untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai STMIK Bidakara atau IDS Digital College.


EmoticonEmoticon