Wednesday, April 12, 2023

Jenis Setting yang Paling Populer untuk Cincin Tunangan Terbaru



Kebanyakan orang hanya fokus pada model cincin tanpa memperhatikan aspek setting atau pengaturannya. Padahal setting atau pengaturan sangat penting untuk cincin tunangan terbaru yang berhiaskan batu permata. Setting sendiri mengacu pada bagaimana batu permata disematkan pada cincin. Ada cukup banyak jenis setting yang bisa Anda temukan, namun hanya dua yang dianggap paling populer.

Kedua jenis setting tersebut adalah bezel setting dan prong setting. Sebenarnya keduanya sama-sama termasuk jenis setting yang paling aman. Itulah sebabnya menjadi jenis setting yang paling populer. Namun, setiap jenis setting pasti memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Artikel ini akan membahas mengenai bezel setting dan prong setting pada cincin tunangan.


Mengenal Cincin dengan Bezel Setting

Sesuai namanya, cincin dengan bezel setting memiliki desain seperti pelindung yang mengitari seluruh sisi batu permata. Kecuali bagian atasnya yang dibiarkan terbuka agar berlian nampak indah dan mempesona. Perlindungan yang menyeluruh ke semua sisi batu permata membuat cincin bezel setting menjadi cincin yang paling aman. Namun seiring perkembangan tren, muncul dua jenis bezel setting yaitu penuh dan sebagian.

Kelebihan Cincin dengan Bezel Setting

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kelebihan utama dari bezel setting yaitu keamanan yang tinggi. Batu permata tidak akan mudah tergores ataupun terbentur jika memakainya. Selain itu, bezel setting yang dibuat dengan logam juga tidak mudah rusak atau longgar meskipun cincin tunangan dipakai dalam jangka waktu yang lama. 

Ketahanan yang tinggi dari bezel setting membuat jenis pengaturan ini cocok untuk melindungi batu permata dengan tingkat kekerasan rendah. Beberapa contoh batu permata untuk cincin dengan tingkat kekerasan rendah yaitu opal, sphene, apatit, pirus, dan lain sebagainya. Batu-batu tersebut memiliki tingkat kekerasan di bawah 7 Mohs.

Kekurangan Cincin dengan Bezel Setting

Meskipun menawarkan banyak kelebihan, namun cincin dengan bezel setting tetap memiliki kelemahan. Kelemahannya yaitu bezel yang menutupi batu permata bisa mengurangi pantulan cahayanya. Oleh sebab itu, muncul model setengah bezel agar lebih unik dan memantulkan cahaya lebih baik. Apabila ingin cincin unik dengan cahaya lebih baik, pertimbangkan model setengah bezel.

Mengenal Cincin dengan Prong Setting

Sebagian besar cincin tunangan terbaru menggunakan prong setting. Pengaturan ini menggunakan logam yang dibentuk seperti cakar untuk melindungi batu permata. Logam tersebut seperti mencengkram batu permata agar tidak berpindah tempat atau jatuh. Biasanya cincin menggunakan empat sampai enam prong untuk melindungi batu permata.

Kelebihan Cincin dengan Prong Setting

Sama seperti cincin dengan bezel setting, cincin satu ini juga memiliki banyak keunggulan. Keunggulan pertama yaitu lebih banyak bagian berlian yang terlihat dibandingkan tidak terlihat, jadi pantulan cahaya lebih banyak yang mengenai batu permata.

Bukan hanya itu saja, prong setting termasuk model klasik namun unik dan sederhana. Paling populer untuk cincin tunangan dengan satu batu permata. Batu permata tersebut agar lebih aman harus dilindungi oleh setidaknya enam prong.

Kekurangan Cincin dengan Prong Setting

Sebenarnya prong setting juga termasuk jenis setting yang aman seperti bezel setting. Jadi Anda tinggal memilihnya saja sesuai selera. Namun bagian prong pada cincin sering tersangkut oleh baju, rambut, atau yang lainnya. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan cengkraman pada prong setting kuat atau tidak longgar. 

Itulah penjelasan mengenai dua jenis setting cincin tunangan terbaru yang paling populer. Mondial Jeweler sebagai brand premium menawarkan cincin pertunangan dengan pengaturan bezel maupun prong. Anda tinggal memilih model mana yang diinginkan karena modelnya cukup beragam. Pilih cincin terbaik dari Engagement Ring Collection Mondial Jeweler sekarang juga!


EmoticonEmoticon