Friday, March 31, 2023

5 Tanda2 Awal Kehamilan yang Tidak Disadari dan Sering Diabaikan

Biasanya wanita mengetahui bahwa dirinya hamil setelah terlambat menstruasi lalu mengeceknya menggunakan alat tes kehamilan. Namun sebelum tanda tersebut disadari, sebenarnya ada beberapa tanda2 awal kehamilan yang sering tidak disadari. Sebaiknya Anda mengenali apa saja tandanya agar menyadari kehamilan sejak dini. Jadi persiapan di masa kehamilan pun menjadi lebih baik. Langsung saja, berikut adalah tanda-tandanya:

Muncul Flek

Pada awal masa kehamilan, wanita sering kali mengalami flek ringan. Biasanya wanita mengira bahwa flek tersebut termasuk darah menstruasi. Padahal darah menstruasi berbeda dengan flek kehamilan. Ciri-ciri flek kehamilan yaitu hanya berupa flek bukan tetesan darah, terjadi kurang dari tiga hari, dan warnanya merah atau kecoklatan. 

Kram Perut

Kram perut sering terlewatkan oleh wanita karena biasanya muncul pada awal kehamilan yaitu minggu pertama setelah konsepsi. Konsepsi yaitu pertemuan sel telur dengan sel sperma. Memang cukup sulit membedakan kram perut biasa dengan kram perut hamil apabila belum mengenali tanda lainnya.

Kelelahan Berkepanjangan

Wanita yang hamil muda seringkali mengeluh bahwa dirinya lelah dan mengantuk. Peningkatan hormon progesteron di dalam tubuh saat hamil memicu terjadinya kelelahan secara terus menerus. Kelelahan sering dialami wanita saat minggu pertama pembuahan. Selain meningkatnya hormon progesteron, kelelahan juga muncul karena level gula darah lebih rendah dan produksi sel darah meningkat.


Perubahan Pada Payudara

Perubahan pada payudara juga menjadi gejala paling awal kehamilan. Beberapa perubahan yang terjadi seperti payudara terasa nyeri, terlihat membengkak, dan penuh atau padat. Seiring adaptasi tubuh, perubahan payudara akan mereda dengan sendirinya.

Perut Kembung

Tanda-tanda hamil terakhir yang jarang disadari wanita adalah perut kembung. Peningkatan hormon B-HCG membuat saluran cerna menjadi tidak nyaman. Salah satu gejala yang dialami yaitu perut kembung. Biasanya hal ini juga menimbulkan gejala morning sick yaitu rasa mual dan ingin muntah.

Itulah 5 tanda2 awal kehamilan yang tidak disadari oleh wanita. Jika Anda mengalami tanda tersebut, sebaiknya langsung lakukan tes kehamilan. Jangan lupa selalu mengkonsumsi vitamin untuk menjaga janin di kandungan. Blackmores I-Folic merupakan salah satu vitamin ibu hamil yang direkomendasikan. Kandungan asam folat di dalamnya baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Anda bisa mendapatkan Blackmores I-Folic di toko kesayangan.


EmoticonEmoticon