Wednesday, September 21, 2016

Metode Hibridisasi Ciptakan Bibit Unggul

Bibit unggul adalah salah satu teknologi pertanian yang harus diberikan perhatian khusus apabila ingin meningkatkan hasil panen. Dengan menanam bibit unggul kita akan mendapatkan jenis tanaman yang sesuai harapan. Misalnya saja bibit unggul jeruk.
Metode Hibridisasi Ciptakan Bibit Unggul
Tanaman ini memiliki pohon yang lebih pendek, memiliki buah yang banyak, besar, dan manis juga jangka waktu panen lebih pendek. Selain itu juga tanamn dari bibit unggul itu lebih tahan dari hama. Oleh karena itu, penanaman bibit unggul sangat dianjurkan oleh pemerintah kita.

Pemerintah sangat mendukung usaha di bidang teknologi petanian tersebut, yaitu di bidang produksi bibit unggul. Hal itu dilakukan dengan cara membiayai instansi pemerinatah di bidang penelitian seperti LIPI, mendorong penemuan dan riset yang dilakukan oleh para perguruan tinggi seperti riset tentang pembibitan yang terus dilakukan di Institut Pertanian Bogor (IPB), juga memfasilitasi para pemuda-pemudi terbaik dari negeri ini untuk memperdalam lagi ilmu di bidang pembibitan di universitas – universitas terbaik di dunia. 

Misalnya saja para mahasiswa atau para lulusan SMK yang mengambil jurusan pertanian diberi kesempatan untuk menimba ilmu di universitas-universitas di Jepang. Karena Negara ini dinilai sudah maju di bidang teknologi rekayasanya.

Teknologi pertanian di bidang penemuan bibit unggul ini termasuk kategori teknologi rekayasa reproduksi. Artinya, dengan melakukan usaha buatan manusia untuk menghasilkan varietas unggul dan bisa dilakukan secara berulang. Teknologi rekayasa reproduksi ini bisa dilakukan pada tanaman, hewan, bahkan manusia. Banyak metode dan cara yang dilakukan untuk jenis teknologi ini seperti bayi tabung, cloning,kultur jaringan,inseminasi buatan, dan hibridisasi. 

Yang banyak digunakan untuk menciptakan bibit unggul dari tanaman yaitu dengan cara hibridisasi. Metode ini dilakukan dengan cara mengawinkan dua spesies tanaman. Hal ini dimaksudkan supaya mempunyai varietas jenis baru yang mempunyai sifat unggul seperti yang diinginkan. 

Misalnya saja, kita sedang membudidayakan tanaman tomat. Supaya tomat tersebut mempunyai pohon yang tinggi dan kuat agar bisa menopang buah yang banyak, maka kita melakukan hibridisasi antara pohon tomat dengan pohon terong.


EmoticonEmoticon