Thursday, September 22, 2016

Program Studi Kedokteran Terbaik di Indonesia


Bagi para calon study in Indonesia, sekaligus ingin mengambil studi kedokteran informasi yang satu ini penting untuk disimak. Sebuah lembaga survey perguruan tinggi bereputasi internasional memiliki laporan yang bisa digunakan sebagai bahan referensi memilih universitas. QS World Unversity Ranking telah mermapungkan survey mereka untuk periode 2015 dan menempatkan Program Studi Kedokteran Universitas Indonesia sebagai yang terbaik se-Indonesia dalam kategori by subject. Peringkat pertama se-Indonesia, Program Studi Kedokteran Universitas Indonesia juga menduduki peringkat ke-301 dunia. Prestasi ini membuat Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menjadi rujukan pertama para calon dokter di Indonesia.

QS World University Rankings menggunakan tiga parameter dalam menentukan peringkat suatu perguruan tinggi serta sebuah jurusan dalam perguruan tinggi. Parameter pertama yaitu mengukur unsur akademik secara menyeluruh atau academic reputation. Parameter kedua yatu dengan mengukur unsur kualitas tenaga pendidik, atau disebut employer reputation. Parameter ketiga adalah mengukur keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi disebut faculty/student ratio. Paramenter keempat yaitu mengukur penelitian yang dihasilkan para civitas akademika perguruan tinggi, dikenal dengan istilah citation per faculty. 

Parameter kelima yaitu rasio mahasiswa asing yang menimba ilmu di perguruan tinggi tersebut, disebut proportion of international student. Parameter terakhir yaitu rasio tenaga pendidik asing di perguruan tinggi, atau proportion of international staff. Masing-masing parameter memiliki skor berbeda. Skor tertinggi sebesar 40 persen untuk parameter pertama. Skor 10 persen untuk parameter kedua, 20 persen untuk parameter ketiga. Parameter keempat memiliki skor sebesar 20 persen, sedangkan parameter kelima dan enam memiliki skor yang sama yaitu 5 persen.

Jadi nih bagi kamu yang bercita-cita menjadi dokter dan masih bimbang memilih universitas, informasi di atas bisa menjadi referensi bagus. Dengan keenam parameter yang cukup komprehensif sepertinya bisa mengusir kebimbangan kamu untuk memantapkan hati memilih universitas dengan program studi kedokteran terbaik se-Indonesia. Bravo study in Indonesia.