Wednesday, November 16, 2016

Pergunakan Gadget dengan Tepat

Pergunakan Gadget dengan Tepat
Berbagai jenis produk berteknologi yang lebih kita kenal dengan sebutan gadget, tak dapat dipungkiri memang dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Adapun kuantitasnya tergantung dari bagaimana kita menggunakannya, apakah dengan tepat atau malah sebaliknya. Bagi sebagian besar orang dewasa mungkin hal ini bukan lagi suatu hal baru yang harus banyak dipelajari sebelumnya. Namun, nampaknya tidak bagi mereka yang kini berada di tengah-tengah usia remaja. 

Di mana usia ini, merupakan usia penuh dengan rasa penasaran dan memiliki keinginan yang cukup tinggi untuk mencoba berbagai hal yang belum diketahui dampaknya. Seperti halnya dalam mempergunakan perangkat mobile yang telah didukung dengan berbagai fitur di dalamnya. Terlebih lagi untuk saat ini telah hadir degnan cukup banyak kartu seluler yang menawarkan paket data, yang akan membuat perangkat mobile tersebut terhubung dengan jaringan internet. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan, alangkah baiknya hal ini lebih diperhatikan oleh orang terdekat terutama para orang tua.

Adapun cara sebaiknya diterapkan bagi para remaja dalam mempergunakan perangkat mobile yang mereka miliki, diantaranya sebagai berikut:

Pergunakan perangkat mobile tersebut sesuai dengan kebutuhan, apakah untuk mengirim dan menerima pesan, memanggil atau menerima panggilan, atau mungkin menggunakannya sebagai alat yang dapat membantu mereka belajar, seperti misalnya belajar atau mengasah kemampuannya dalam berbahasa asing. Karena memang kini telah tersedia beragam aplikasi yang ditawarkan, termasuk aplikasi untuk memfasilitasi dalam belajar.

Buatlah kesepakatan bersama mereka mengenai waktu diperbolehkannya mreka mempergunakan smartphonenya, sehingga mereka tetap dapat fokus kepada apa yang seharusnya mereka kerjakan. Dan anda sebagai orang tua tidak begitu mencemaskannya.

Pastikan bahwa mereka pun menyimpan data yang benar-benar bernilai positif, dan berguna untuk mereka sendiri. Hal tersebut dapat anda lakukan dengan membuat remaja anda jujur terhadap setiap apa yang terjadi, dan mereka miliki kepada anda.

Demikianlah, dengan adanya beberapa poin di atas semoga dapat memberikan anda inspirasi dan referensi dalam menerapkan cara tepat menggunakan gadget.


EmoticonEmoticon