Tuesday, September 4, 2018

Puasa Lancar Dengan Tips Sahur Yang Sehat

tips sahur sehat
Melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan selain menjadi amal ibadah jika dilakukan dengan benar juga bisa berdampak untuk kesehatan yang lebih baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan tips sahur sehat. Yang dapat dilakukan dengan sahur yang sehat akan berdampak untuk kesehatan anda menjadi lebih baik lagi. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini tips-tips untuk sahur yang sehat.

Pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi akan karbohidrat, terutama karbohidrat kompleks. Dengan makanan tersebut dapat memberikan efek perut yang terasa kenyang lebih lama, sehingga anda tidak mudah merasa lapar walaupun banyak melakukan aktivitas. Untuk pilihan makanannya sendiri dapat dipilih seperti roti gandum, nasi merah, kentang, dan jagung.

Konsumsi daging. Tips sahur sehat selanjutnya dapat dipilih makanan dengan menu daging. Sumber protein dalam daging bisa memberikan nutrisi selama anda berpuasa, selain daging juga dapat dikonsumsi jenis makanan sumber protein lainnya seperti ikan, tahu, dan tempe. Untuk proses pengolahannya lebih baik dengan cara di kukus atau direbus dan dikurangi yang digoreng.

Konsumsi buah dan sayur. Dua jenis makanan ini tentunya tidak boleh terlewat dalam menu sahur sehat anda. Pilihan menu dengan membuat sayur sup, tumis sayuran, dan yang lainnya sangat bermanfaat untuk nutrisi tubuh. Selain itu jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah-buahan segar sebagai sumber vitamin dan serat yang baik untuk tubuh.

Pastikan kebutuhan air putih terpenuhi. Supaya puasa anda lebih sehat pastikan juga untuk selalu mengkonsumsi minuman air putih baik saat sahur atau pun berbuka. Terlebih saat sahur dengan meminum air putih dapat menjadi pengganti cairan tubuh yang hilang saat seharian melakukan ibadah puasa. Untuk jumlah airnya sendiri dapat dikonsumsi saat sahur 1-2 gelas air.

Perhatikan kelengkapan nutrisi. Supaya sahur sehat semakin sempurna pastikan semua makanan yang dikonsumsi adalah makanan 4 sehat 5 sempurna. Dengan begitu kebutuhan nutrisi tubuh saat seharian berpuasa tetap terpenuhi dan anda pun bisa lebih sehat dengan melakukan ibadah puasa, salah satunya karena makanan yang terkontrol.


EmoticonEmoticon