Monday, December 3, 2018

Tips Mudah Merawat Kesehatan Kulit


Polusi dan cuaca ekstrim sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kulit. Dampak yang ditimbulkan seperti kulit kering, pecah-pecah sampai yang serius seperti radiasi sinar matahari yang merusak jaringan kulit. Orang cenderung memilih perawatan kulit menggunakan kosmetik instan berbahan kimia karena dianggap lebih praktis dan cepat. Padahal penggunaan produk kosmetik berbahan kimia dalam jangka panjang bisa memunculkan efek samping masalah baru pada kulit dan kesehatan. Berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan kulit secara mudah dan aman untuk anda.

Untuk melepas ketergantungan pada zat kimia diperlukan perubahan gaya hidup mulai dari hal yang sepele namun, memberi efek positif untuk tubuh dan kulit. Tips menjaga kesehatan kulit termudah dimulai dari:

1. Mengkonsumsi air putih dua liter perhari.


Kulit terdiri dari sel-sel yang memerlukan air agar berfungsi dengan baik. Air yang kita minum membantu menjaga kelembaban kulit, meningkatkan elastisitas kulit dan meremajakan kulit agar awet muda. Disamping itu, air dalam tubuh membantu mengurangi masalah kulit seperti psoriasis, keriput, dan mengobati eksim dengan membuang racun dalam tubuh serta kulit. Jangan malas mengkonsumsi air putih setiap hari, ya!

2. Rutin Dalam Berolahraga Minimal 5X Dalam Seminggu


Kebanyakan orang berpikir jika olahraga hanya bisa menyehatkan organ dalam saja. Padahal manfaat selain menyehatkan organ dalam, olahraga juga membantu meningkatkan aliran darah yang berfungsi memelihara sel-sel kulit dan menjaganya agar tetap sehat. Aliran darah yang lancar akan membawa oksigen dan nutrisi yang lebih baik, selanjutnya akan didistribusikan ke seluruh tubuh termasuk kulit. Penjelasan tersebut menurut dokter spesialis kulit, Ellen Marmur. MD yang juga merupakan profesor Dermatologi Kecantikan di Mount Sinai School. Jadi, jangan malas berolahraga demi mendapatkan kulit sehat.

3. Hindari Stress


Jangan anggap remeh ketika keadaan kita sedang stress karena beberapa pekerjaan atau masalah. Stress yang berlebih bisa memicu penyakit seperti kanker, penyakit paru-paru dan sirosis hati. Tidak hanya itu, stress juga berdampak pada kesehatan rambut, kuku dan kulit. Stress akan memicu respon kimia pada tubuh sehingga kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif. Salah satu hormon yang memicu stress adalah kortisol. Hormon kortisol akan memicu kelenjar kulit dan mendorong produksi minyak berlebih. Jika ingin mendapatkan kulit sehat, hindari stress yang bisa merusak kulitmu sekarang.

4. Istirahat Cukup


Tidur cukup selama 7-9 jam setiap malam bisa membantu kulit untuk meregenerasi sel-sel yang rusak. Akibatnya kulit keriput akan berkurang, lebih bercahaya, lebih halus dan tentunya sehat menurut Michael Breus, PhD.

Nah, itulah beberapa tips menjaga kesehatan kulit yang aman, mudah, gratis dan tentunya tanpa efek samping. Jangan remehkan masalah kulit yang mengganggu penampilanmu.


EmoticonEmoticon