Wednesday, July 24, 2019

Sejarah Teknologi Komunikasi dari Masa ke Masa

teknologi komunikasi
Teknologi komunikasi berasal dari dua buah kata. Komunikasi adalah sebuah cara di mana seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling memahami. Sementara teknologi adalah alat yang digunakan untuk mempermudah komunikasi.

Teknologi ini, seperti halnya bidang pengetahuan lain terus berkembang pesat. Mulai dari saat mengatakan sesuatu dengan gambar, tulisan dan huruf, hingga menyampaikan kata ke jarak yang jauh. Bahkan, saat ini kejadian di seluruh dunia dapat diketahui hanya dalam hitungan detik dengan teknologi terbaru.

Bagaimana teknologi komunikasi berkembang sampai kini? Di bawah ini beberapa tahapan nya.

1. Teknologi Masa Prasejarah 

Di zaman prasejarah manusia belum mengenal tulisan. Mereka berkomunikasi dengan berbagai peralatan sederhana dan tradisional. Umumnya dengan bunyi-bunyian.
Misalnya dengan api, suara kentongan, dan sebagainya.
teknologi komunikasi
2. Masa Sejarah

Masa ini dimulai ketika manusia mulai mengenal tulisan berupa gambar. 
Anda pernah lihat bukan beberapa gambar yang dibuat di dinding-dinding gua dalam buku? Itu merupakan salah satu contohnya.

Selanjutnya, teknologi yang terkadang dikenal dengan sebutan teknologi informasi berkembang ketika manusia mulai mengenal tulisan, menulis di kertas, dan banyak berdirinya pabrik kertas.

3. Teknologi Modern

Teknologi modern identik dengan mesin yang serba cepat dan mudah.

Di bidang komunikasi, teknologi modern dimulai dengan ditemukannya telegraf dengan sandi morse oleh Samuel Morse. Sandi Morse membuat banyak orang dapat menyampaikan pesan dalam jarak yang lebih jauh. Dari satu wilayah ke wilayah lain dalam hitungan hari.

Alexander menemukan telepon pada tahun 1877. Alat yang membuat manusia dapat berkomunikasi satu sama lain saat itu juga selama jaringan telepon ada di wilayahnya.  Telepon cukup lama bertahan sebagai alat komunikasi paling cepat.

Selain telepon ada tape yang dapat merekam suara, radio, dan televisi yang dapat menyampaikan informasi dan berita dengan cepat. Alat yang berkembang berkat ditemukannya transistor oleh Bell Telephone tahun 1948.

Kini, teknologi komunikasi dan informasi berkembang lebih cepat lagi dengan adanya internet dan smartphone. Sebuah telepon pintar yang dapat berfungsi sebagai alat komunikasi, mengetahui informasi, dan berbagai hal lain dengan praktis dan mudah. Bentuknya yang kecil membuat Anda dapat membawanya ke mana saja.

Itulah sedikit uraian tentang teknologi dalam komunikasi yang berkembang sangat cepat dalam sepuluh tahun terakhir.


EmoticonEmoticon