Friday, March 12, 2021

Cara Menangani Sembelit Pada Anak Balita

sembelit pada anak

Sembelit terjadi ketika frekuensi buang air besar pada si Kecil sangat jarang atau terjadi kurang dari 3 kali selama seminggu. Kesulitan buang air besar ini pada umumnya disebabkan karena tekstur feses keras sehingga sulit untuk keluar. Meskipun biasa terjadi pada anak-anak, namun sembelit tetap harus segera diatasi. Pasalnya gangguan pencernaan ini akan memengaruhi proses penyerapan nutrisi makanan yang penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi sembelit pada anak yang bisa Bunda ikuti:

Perbanyak Makan Yogurt

Selain sayur dan buah, yogurt juga bisa membantu membuat feses lebih lunak sehingga mudah untuk keluar. Pasalnya yogurt mengandung bakteri baik hasil fermentasi yang bisa melunakkan feses. Berikan yogurt pada si Kecil jika mereka mengalami sembelit.

sembelit pada anak

Perbanyak Asupan Cairan

Salah satu penyebab sembelit pada anak adalah kekurangan cairan sehingga membuat feses menjadi keras. Oleh sebab itu, Bunda perlu memastikan si Kecil mendapatkan asupan cairan yang cukup. Asupan cairan pada anak bisa didapatkan melalui ASI, susu, maupun air putih.

Lakukan Pijatan Lembut di Perut Si Kecil

Ketika si Kecil sudah lama tidak buang air besar, Bunda bisa melakukan pijatan pada perut untuk membantu pergerakan usus. Caranya yaitu pijat perut bagian kanan bawah secara melingkar, selanjutnya ke perut kiri bawah, lalu melewati bagian atas perut. Lakukan secara lembut dan perlahan.

Gunakan Obat Pelunak Tinja

Jika sembelit si Kecil tidak kunjung membaik, Bunda bisa menggunakan obat pelunak tinja. Obat ini terbilang aman karena bekerja di saluran cerna saja tanpa diserap tubuh. Namun Bunda tetap harus menggunakannya sesuai anjuran dokter.

Itulah cara yang bisa Bunda lakukan untuk menangani sembelit pada anak. Selain dengan cara di atas, Bunda juga bisa mengganti susu mereka dengan susu yang baik untuk pencernaan. LACTOGROW merupakan susu pertumbuhan yang baik untuk pencernaan karena mengandung bakteri baik berupa lactobacillus reuteri. 

Selain menjaga kesehatan saluran cerna, bakteri ini juga membantu mengatasi konstipasi atau sembelit pada anak. Jika si Kecil berusia 1-3 tahun, Bunda bisa memberikan LACTOGROW 3, sedangkan si Kecil yang masuk usia pra sekolah bisa diberikan LACTOGROW 4.


EmoticonEmoticon