Wednesday, April 28, 2021

Mengenal 5 Macam Sakit Perut & Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak

cara mengatasi sakit perut pada anak

Setiap orang tua pasti akan merasa khawatir jika si kecil sakit. Sakit yang umum terjadi pada anak-anak yaitu sakit perut. Jika sakit perut pada si kecil masih tergolong ringan maka Anda dapat mengobatinya dir rumah dan tidak perlu dibawah ke dokter atau rumah sakit. Namun demikian, orang tua juga harus tanggap jika sakit perut si kecil tak kunjung sembuh maka segera bawa ke dokter untuk diperiksa. Cara mengatasi sakit perut pada anak juga harus disesuaikan dengan penyebabnya. 

Macam-Macam Sakit Perut Pada Anak

Agar para ibu dapat memberikan penanganan yang tepat, silahkan simak beberapa macam sakit perut dan cara mengatasinya.

Probiotik

Probiotik merupakan suplemen yang digunakan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Rajin mengkonsumsi suplemen ini akan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga usus akan menjadi lebih sehat. Probiotik juga dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit akibat susah buang air besar. Rasa sakit perut yang disebabkan karena radang usus, irritate bowel syndrome dan maag juga dapat diatas menggunakan suplemen probiotik ini. 

cara mengatasi sakit perut pada anak


Jika si kecil sedang sakit perut karena sembelit dan masalah lain seperti diatas maka Anda dapat memberikan suplemen ini. Agar tidak menimbulkan efek samping maka berikan suplemen dengan dosis sesuai petunjuk.

Obat Pencahar

Beberapa orang tua sering mengeluhkan jika buah hati mereka tidak menyukai sayur dan buah. Anak-anak yang kurang mengkonsumsi buah dan sayur juga dapat mengalami sembelit. Hal ini pula yang dapat menyebabkan rasa sakit perut karena tidak bisa BAB.

Anda para ibu dapat memberikan asupan air putih yang cukup banyak agar si kecil lancar BAB. Selain itu, berikan pula makanan kaya serat yang tentu sangat baik untuk pencernaan. Namun, jika dengan cara ini si kecil masih sakit perut dan tidak bisa BAB maka gunakan obat pencahar untuk mengeluarkan kotoran. Sebelum memberikan obat kepada si kecil baca dan pahami terlebih dahulu petunjuk penggunaan.

Anti Nyeri

Obat anti nyeri terdiri dari beberapa macam seperti paracetamol, ibuprofen dan aspirin. Jika rasa sakit perut yang dialami si kecil terasa mengganggu maka Anda dapat memberikan obat anti nyeri tersebut. Paracetamol merupakan anti nyeri yang cocok diberikan kepada si kecil. Namun, hal yang harus diperhatikan yaitu si kecil tidak memiliki alergi terhadap parasetamol. Selain itu, si kecil tidak memiliki riwayat penyakit seperti gangguan hati dan ginjal.

Untuk obat anti nyeri jenis ibuprofen dan aspirin, sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak. Kedua obat tersebut memiliki efek samping yang dapat menyebabkan iritasi saluran cerna. Oleh sebab itu, agar Anda dapat memberikan obat yang tepat maka ketahui terlebih dahulu hal yang menyebabkan si kecil sakit perut.

Antidiare

Sakit perut yang dialami si kecil bisa sebabkan karena mual, diare atau perut kembung. Hal ini dikarenakan si kecil masih belum memahami cara menjaga kebersihan. Ketika si kecil mengalami diare maka ia akan lebih sering BAB dan muntah. Kondisi yang demikian dapat membuat si kecil dehidrasi karena kehilangan banyak cairan. 

Berikan si kecil asupan air putih yang banyak agar tidak sampai dehidrasi. Pertolongan pertama untuk mengembalikan cairan elektrolit pada si kecil yaitu memberikan oralit. Namun, jika si kecil masih terus muntah dan mencret maka berikan obat antidiare untuk membantu menghentikannya. Obat diare yang cocok untuk si kecil yaitu loperamide dan harus menggunakan resep dokter.


EmoticonEmoticon