Thursday, July 1, 2021

8 Ciri Nutrisi Anak Terpenuhi Dengan Baik

Gizi dan nutrisi merupakan elemen yang sangat penting untuk menunjang proses tumbuh kembang. Selain itu, kebutuhan gizi juga berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Anak-anak memiliki kebutuhan gizi dan nutrisi yang sangat tinggi karena mereka dalam masa pertumbuhan. Dengan demikian, Moms harus memberikan makanan dengan gizi seimbang agar anak memiliki fisik yang sehat serta cerdas. Untuk mengetahui nutrisi anak sudah terpenuhi dengan baik, Moms dapat memperhatikan beberapa ciri fisik anak.


Ciri-Ciri Kebutuhan Nutrisi Yang Tercukupi


Berikut merupakan beberapa ciri fisik yang menandakan anak Anda nutrisinya sudah tercukupi.


Mata Jernih


Moms dapat memperhatikan mata si kecil. Umumnya, anak-anak akan memiliki bola mata yang jernih. Bola mata jernih tersebut menandakan bahwa anak sudah mendapatkan asupan protein dan vitamin A yang cukup. Hal ini juga akan membuat penglihatan anak lebih tajam.


Tinggi & Berat Badan Sesuai Dengan Umur


Ciri anak sehat dan tercukupi kebutuhan gizinya dapat dilihat dari tinggi dan berat badan. Nutrisi sangat diperlukan selama proses pertumbuhan sehingga Anda yang nutrisinya terpenuhi akan mencapai tinggi yang ideal sesuai dengan usianya. Sedangkan jika kebutuhan nutrisi tidak tercukupi maka berat badan akan cenderung lebih kurus dan tinggi badan dibawah rata-rata ideal.



Kulit Lembab Dan Segar


Untuk mengetahui apakah si kecil sudah mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, Moms juga dapat memperhatikan kesehatan kulit si kecil. Apabila kulit si kecil terlihat sehat segar dan lembab maka itu menunjukkan bahwa kebutuhan Zinc, vitamin E & A sudah tercukupi. Vitamin dan mineral tersebut bertanggung jawab dalam menjaga kesegaran kulit sehingga kulit tidak bersisik atau kusam.


Rambut Berkilau


Anak-anak yang sehat akan memiliki rambut yang berkilau. Hal yang membuat rambut berkilau adalah karena anak mendapatkan asupan vitamin B, protein dan Zinc. Oleh sebab itu, apabila Moms mendapati rambut si kecil tampak kusam dan mudah rontok maka segera asup si kecil dengan makanan yang mengandung gizi tersebut.


Ceria


Anak-anak mempunyai sifat umum yang ceria dan riang gembira. Suasanan hati tersebut erat kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi. Apabila anak-anak mengkonsumsi makanan sehat yang penuh dengan nutrisi maka suasana hati mereka akan cenderung lebih stabil. Namun sebaliknya, anak-anak yang kekurangan nutrisi akan cenderung lebih pemurung.


Nafsu Makan Bagus


Nafsu makan yang bagus juga menandakan bahwa si kecil dalam kondisi yang sehat. Agar anak mendapat vitamin dan mineral yang beragam maka Moms juga harus memberikan makanan yang variatif. Jika anak-anak kurang menyukai buah maka Moms dapat memberikannya dalam bentuk jus. 


Lancar Buang Air Besar


Anak yang kebutuhan gizinya tercukupi juga akan memiliki pencernaan yang sehat. Kesehatan pencernaan juga dapat ditandai dengan aktivitas buang air besar yang lancar. Pencernaan yang sehat akan membantu proses penyerapan nutrisi yang lebih baik.


Aktif


Nutrisi yang berasal dari makanan oleh tubuh akan diubah menjadi tenaga dan lain-lain. Itulah sebab mengapa anak-anak sehat cenderung lebih aktif dan tidak bisa diam. Keaktifan ini memberikan dampak positif terhadap anak tersebut karena mereka dapat melakukan banyak aktivitas. Jika Anda bandingkan dengan mereka yang kekurangan asupan gizi maka mereka akan cenderung lebih banyak diam atau tidak bergerak dengan cekatan.


Nah, itulah 8 cara mudah untuk mengenali apakah si kecil sudah mendapatkan kebutuhan gizi yang cukup. Semoga Moms dapat terus memberikan asupan nutrisi terbaik untuk si kecil.


EmoticonEmoticon