Monday, November 1, 2021

Sumber Nutrisi Penting untuk Penuhi Nutrisi Anak

Seiring dengan pertambahan usia anak maka untuk kebutuhan nutrisinya juga bertambah. Kebutuhan akan nutrisi ini tentu harus bisa terpenuhi untuk tetap menjaga perkembangan fisik dan otak anak berkembang maksimal. Dari itu sejak awal sebagai orang harus tahu akan apa saja yang menjadi kebutuhan nutrisi anak sehingga anak bisa tumbuh tanpa adanya gangguan kekurangan nutrisi.


Selanjutnya berbagai nutrisi anak yang perlu diberikan juga beragam yang bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan tertentu. Ada berbagai jenis makanan yang bisa dipilih sebagai sumber nutrisi bagi anak dan pastinya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Selanjutnya untuk kebutuhan nutrisi anak sendiri sebagai orang tua bisa memastikan kecukupan nutrisi anak seperti berikut ini.


Protein. Nutrisi pertama yang diperlukan dalam masa pertumbuhan anak yaitu protein. Adanya protein memiliki fungsi dalam memperbaiki sel serta jaringan tubuh yang rusak terutama saat masa pertumbuhan anak. Untuk memenuhi kebutuhan protein sendiri bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti protein hewani dan protein nabati. Untuk protein hewani bisa didapatkan dari daging ayam, telur, daging sapi, udang, susu, dan yang lainnya. Sementara itu untuk protein nabati bisa didapatkan dari berbagai jenis kacang-kacangan, brokoli, oat, gandum, dan yang lainnya.



Lemak. Adanya lemak tidak selamanya buruk untuk tubuh karena lemak juga dibutuhkan dalam proses perkembangan tubuh anak. Lemak bisa menjadi salah satu sumber energi cadangan yang penting dan diperlukan tubuh. Selain lemak juga berfungsi dalam proses penyerapan vitamin, melancarkan pembekuan darah, mendukung pergerakan otot, serta membangun sel dan jaringan. Untuk sumber makanan yang bisa menjadi penghasil lemak sendiri bisa didapatkan dari kacang-kacangan, telur, buah alpukat, dan yang lainnya.


Karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi penting dalam pertumbuhan anak, karena menjadi sumber energi dalam beraktivitas untuk anak. Adanya karbohidrat penting menjadi salah satu nutrisi yang harus ada dalam menu makanan anak setiap harinya. Apalagi untuk sumber karbohidrat juga bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti nasi putih, nasi merah, gandum, pasta, ubi, kentang, jagung, dan yang lainnya.


Vitamin dan mineral. Nutrisi penting lainnya yang wajib ada untuk nutrisi harian anak yaitu vitamin dan mineral. Kebutuhan harian vitamin dan mineral sendiri sangat penting untuk dicukupi dengan memberikan beragam menu makanan yang sehat. Selanjutnya untuk berbagai kebutuhan vitamin dan mineral sendiri bisa didapatkan dari beragam jenis makanan seperti buah-buahan dan sayuran. Selain itu daging, ayam, daging sapi, makanan laut, kacang-kacangan, dan jamur juga bisa menjadi sumber makanan untuk pemenuhan nutrisi ini.


Kemudian yang perlu diperhatikan untuk bisa memenuhi nutrisi harian yang dibutuhkan anak, maka sebagai orang tua penting juga memperhatikan akan usia anak. Tahapan usia anak bisa mempengaruhi pemberian jenis makanan dan juga bagaimana cara pengolahannya. Semisal untuk anak usia 6 bulan ke atas maka pemberian makanan sebagai pendamping ASI mulai bisa diberikan tentunya dengan memperhatikan pengolahannya.


Berbeda halnya dengan anak yang usianya sudah satu tahun ke atas maka berbagai jenis makanan yang biasa dikonsumsi oleh anggota keluarga lainnya sudah mulai bisa diperkenalkan. Tentunya dengan tetap memperhatikan kebutuhan harian nutrisinya dan juga memperhatikan bagaimana cara pengolahannya. Pengolahan makanan yang tepat bisa menjaga sumber nutrisinya tetap selalu terjaga.


EmoticonEmoticon