Monday, December 26, 2022

Berbagai Alasan Memilih Kuliah Jurusan Kedokteran



Setiap orang tentu harus memiliki bekal untuk masa depannya. Bekal tersebut salah satunya berupa pendidikan yang harus dilalui dari jenjang pendidikan dasar hingga jenjang pendidikan tinggi. Hal tersebut memang dilakukan karena banyak sekali disiplin ilmu yang harus ditekuni dan dipahami dengan baik untuk menunjang karir di masa yang akan datang. Maka dari itu dalam mempersiapkan pendidikan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Melainkan Banyak sekali hal yang harus dipersiapkan dan direncanakan dengan sangat baik. Salah satunya adalah dengan menentukan jurusan kuliah yang akan dipilih nantinya. Salah satunya adalah kuliah Jurusan kedokteran yang memiliki banyak sekali keunggulan.


Mempelajari kedokteran atau pendidikan dokteran memang menjadi topik hangat. Departemen ini menghasilkan dokter, baik dokter umum maupun yang ingin melanjutkan studi ke dokter spesialis.




Kebutuhan dokter sangat tinggi, sehingga jurusan ini bisa melahirkan generasi yang bisa langsung bekerja dengan gaji tinggi dan disegani. Namun, memilih gelar universitas tidak hanya mengejar titel maupun gengsi.


Sulit untuk mulai belajar kedokteran, bukan hanya karena biayanya yang mahal, tetapi juga karena mata kuliahnya, yang sama sekali tidak bisa dikatakan mudah.


Tetapi dibalik itu semua banyak sekali keunggulan yang dimiliki jurusan ini. Untuk lebih jelasnya silahkan simak selengkapnya disini.


Dokter terus dibutuhkan seiring berjalannya waktu sehingga memiliki prospek cerah


Alasan yang membuat jurusan kedokteran sangat tepat untuk diambil adalah memiliki potensi sukses yang tinggi. Sebab setelah lulus bisa menerima gaji tinggi dan tidak mungkin menganggur, karena kebutuhan dokter di masyarakat sangat tinggi.


Sebagai seorang dokter, Anda memiliki kesempatan untuk bekerja tanpa atasan, tetapi menjadi diri sendiri. Anda menentukan waktu pelatihan, merawat pasien, melakukan pemeriksaan, dll.


Masa depan terjamin karena kebutuhan akan tenaga kesehatan seperti dokter di masyarakat tidak akan pernah ada habisnya dan menjadi lapangan kerja yang paling terjamin di antara lapangan pekerjaan besar lainnya.


Anda mendapatkan gaji yang tinggi karena memiliki profesi yang erat kaitannya dengan kesehatan dan kehidupan manusia (pasien).


Banggalah dengan diri sendiri dan seluruh keluarga besar, karena menjadi seorang dokter membutuhkan perjuangan yang panjang dan biaya yang tidak sedikit. 


Pilihan karir dokter yang pertama adalah seorang dokter dan terlebih lagi seorang peneliti. Keputusan menjadi peneliti bukan berarti ilmunya menguap begitu saja selama kuliah karena digunakan di sini. Penelitian yang akan dilakukan mungkin terkait dengan pengembangan dan penemuan obat baru. Selain itu juga dapat dikaitkan dengan pengembangan bahan makanan yang lebih sehat dan bergizi.


Peluang kerja terbesar di bidang kedokteran adalah sebagai dokter umum yang membuka praktek sendiri di rumah dan bekerja di rumah sakit. Dokter biasanya bekerja di lebih dari dua lokasi, menurut peraturan negara bagian. Dokter umum umumnya menangani masalah kesehatan masyarakat, sehingga dapat mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek, biasanya di rumah, dan menjadi tempat persinggahan pertama bagi masyarakat yang memiliki keluhan kesehatan.


Profesi selanjutnya adalah terampil, tetapi sekali lagi Anda harus mengambil kursus khusus. Dokter ini menjadi rujukan ke dokter umum agar pasien bisa menjalani pemeriksaan lebih mendalam. Spesialis ini merawat pasien dengan jenis penyakit atau kelainan yang sama di bagian tubuh yang sama. Misalnya dokter spesialis penyakit dalam hanya melayani pasien penyakit dalam dan dokter spesialis paru, saraf, dan lainnya


Mahasiswa fakultas kedokteran juga dapat berkarir di bidang akademik yaitu sebagai dosen. Namun untuk menjadi seorang dosen, Anda harus terlebih dahulu melanjutkan pendidikan hingga magister. Dengan efisiensi pengajaran yang baik, kampus mendorong dan memfasilitasi kelanjutan studi hingga gelar doktor.


Demikian informasi mengenai keunggulan dari jurusan kedokteran. Bagi Anda yang hendak melanjutkan studi ke bidang ini pastikan untuk memilih kampus terbaik yaitu universitas Indonesia. 


EmoticonEmoticon