Thursday, October 6, 2016

Bahaya Radiasi Gadget Untuk Kesehatan

Perkembangan teknologi semakin maju, tak di pungkiri kebutuhan akan teknologi pun sudah bisa dibilang kebutuhan pokok, semua lapisan masyarakat membutuhkannya, salah satunya adalah gadget, gadget adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang dicipatakan sebelumnya, tapi bahaya radiasi gadget untuk kesehatan pun harus dipertimbangkan sebelum anda menggunakannya terlebih pada anak.
Bahaya Radiasi Gadget untuk Kesehatan
Berbagai perusahaan yang memproduksi gadget seolah berlomba untuk menarik perhatian pengguna gadget, berinovasi agar gadget selalu menjadi daya tarik yang luar biasa, bahkan bagi sebagian orang jenis gadget yang dimiliki pun seolah menunjukkan status sosial pemiliknya.

Tanpa kita sadari pemakaian gadget ini memberikan dampak yang kurang baik, dalam penggunaannya baik langsung atau tidak langsung dalam kehidupan kita, bahaya radiasi untuk kesehatan kita harus diwaspadai agar tidak berakibat fatal. Setiap handphone terdapat transmitter yang mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinu yang nantinya dipancarkan melalui antena. 

Gelombang ini nantinya akan menyebar di udara, gelombang radio frequency inilah yang nantinya akan menimbulkan radiasi ElectroMagnetik, efek dari radiasi ElctroMagnetik dapat merusak sel, pertama, radiasi akan mengionisasi langsung molekul DNA, sehingga terjadi perubahan kimiawi pada DNA.

Kedua, perubahan kimiawi pada DNA terjadi secara tidak langsung yaitu jika DNA berinteraksi dengan radikal bebas hidroksil. Terjadi perubahan kimiawi pada DNA tersebut, baik langsung ataupun tidak, dapat mengakibatkan efek biologis yang merugikan.

Gadget, alat komunikasi yang satu ini ternyata memiliki radiasi tertinggi, namun tak ada satupun yang bisa meninggalkannya makin tahun makin canggih produk yang dikeluarkan oleh perusaan gadget tersebut, yang terakhir adalah jenis smartphon. Diciptakannya alat tersebut dengan bertujuan untuk mempermudah berkomunikasi, dokumentasi, hiburan, game dan mempermudah pekerjaan. 

Namun dibalik itu semua bahaya radiasi gadget ini sangat besar untuk kesehatan manusia, diantaranya, mengurangi produksi sperma, mengganggu pembentukan janin dalam kandungan, mengganggu perkembangan otak janin dan menimbulkan prilaku hiperaktif, mengganggu ingatan manusia, dan menyebabkan kanker otak.


EmoticonEmoticon