Saturday, December 17, 2016

Berbagai Layar Televisi yang Sering Digunakan

Berbagai Layar Televisi yang Sering Digunakan
Pada masa awal-awal kelahiran teknologi televisi, para ilmuan yang merancang televisi dari tabung gambar menemui hambatan teknis. Dari jaman dahulu masih belum dapat menampilkan detail gambar yang keren dan secanggih. Sekarang dengan teknologi televisi yang ada, sehingga bisa menampilkan berbagai macam televisi yang memiliki layar yang baik.

Para ahli sekarang tidak dapat diragukan lagi karena dengan perkembangan teknologi televisi dapat menciptakan tampilan atau layar pada televisi yang begitu menakjubkan. Di bawah ini adalah macam-macam inovasi pada layar televisi.

CRT ( Cathode Ray Tube )
Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian- bagian tertentu dari tabung dalam. ''

Begitu sinar tersebut sampai kebagian kaca tabung TV atau minitor, akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer. Setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu. Dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan itensitas cahaya tertentu. Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar.

LCD ( Liquid Crystal Display )
Di dalam tubuh TV ini terdapat sejenis kristal cair yang diletakkan di antara lapisan cair dan padat. Sederhananya, cairan kristal ini akan bekerja begitu muncul stimulasi elektrik, berupa tembakan, yang masuk. 

Hasil penembakan itu berupa cahaya yang menyembur dan mengantar sinyal gambar serta warna. Teknologi yang mengandalkan cairan ini membuat TV LCD bisa begitu tipis dan ringan. Lalu karena cukup menembakkan elektrik sekali saja, LCD juga dikenal sebagai TV yang paling hemat energi, paling sedikit mengonsumsi listrik.

ELD ( Electroluminescent Display )
ELD berukuran 10 inci yang memancarkan cahaya kuning telah ada dipasaran. Pada saat ini para peneliti berusaha untuk mengembangkan ELD yang multi color.

Berdasarkan teknologi televisi, macam layar yang ditampilkan ada beberapa jenis. Tidak hanya yang ditampilkan di atas namun ada beberapa macam lagi yang perlu adanya pembahasan.


EmoticonEmoticon