Monday, December 19, 2016

Pengaruh Air Cucian Beras Terhadap Perawatan Septic Tank


Pengaruh Air Cucian Beras Terhadap Perawatan Septic Tank
Penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan seperti pada bidang biokimia saat ini tentu terus berkembng seiring makin bertambahnya kebutuhan manusia. Pada kesempatan ini, saya mau berbagi tentang salah satu informasi yang mungkin terkesan agak jorok atau jijik. Namun hal ini tentu sangat bermanfaat dalam penerapan di lingkungan atau di rumah tangga kita. 

Informasi tersebut berhubungan dengan sistem pembuangan limbah rumah tangga di rumah kita sendiri, atau sering disebut septic tank. Dengan perkembangan teknologi tepat guna saat ini serta perkembangan ilmu pengetahuan yang terus berkembang, informasi dan pemanfaatan limbah dalam meningkatkan peran ilmu pengetahuan menjadi terasa sampai ke dalam rumah kita.

Berkaitan dengan septic tank di rumah kita, tentu hampir di setiap rumah memiliki septic tank. Dalam kehidupan sehari-hari kita terkadang mendapatkan kendala seperti septic tank di rumah kita mengalami mampet dikarenakan isi kotoran sisa buangan manusia yang sudah penuh. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan sebagai hasil pemikiran disertai perkembangan teknologi, hal tersebut bisa dihindari atau diminimalisir salah satunya dengan memanfaatkan air cucian beras. 

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kandungan dalam air cucian beras masih mengandung nutrisi yang menjadi sumber makanan bagi mikroba yang hidup di dalam septic tank. Secara sederhana, dapat dijjabarkan mikroba tersebut mendapat makanan dari air sisa cucian beras sehingga mikroba menjadi tumbuh dengan baik dan lebih maksimal dalam menguraikan kotoran limbah di dalam septic tank. Dalam air sisa cucian beras masih terkandung kadar karbohidrat yang tinggi serta berbagai mineral dan vitamin lainnya. Nutrisi tersebut tentu sangat diperlukan mikroba untuk tumbuh dan menguraikan sisa limbah buangan manusia.

Terdapat beberapa hal yang perlu dihindari dalam hal memelihara septic tank kita. Salah satunya yaitu jangan terlalu sering menggunakan karbol atau bahan kimia pencuci lainnya untuk membersihkan kloset di rumah kita. Karbol atau bahan kimia pembersih lainnya aktif membersihkan noda pada kloset tetapi dapat sekaligus membunuh mikroba di dalam septic tank, membuang sisa mencuci pakaian ke septic tank juga akan membunuh mikroba di dalam septic tank di rumah kita. Perkembangan ilmu pengetahuan mendorong perkembangan teknologi tepat guna di sekitar kita, walaupun sederhana memanfaatkan limbah air sisa cucian beras dapat memperpanjang masa pakai septic tank di rumah kita.


EmoticonEmoticon