Friday, April 19, 2019

Begini Caranya Agar Anak Belajar Bicara Dengan Cepat


Orang tua pastinya akan merasa sangat bahagia saat mendengar si kecil mulai bisa mengucapkan kata-kata dari mulutnya. Akan lebih membahagiakan lagi saat dia mulai bisa memanggil kedua orang tuanya meskipun belum jelas dan baru dalam satu patah kata saja. Saat seperti itulah orang tua harus mulai merangsang kemampuan anak belajar bicara dengan lebih cepat.

Stimulasi dari orang dewasa akan membuat anak lebih banyak mendengar dan mengenal kata. Lebih sering si kecil mendengarkan kata-kata semakin cepat juga mereka akan belajar bicara. Inilah beberapa tindakan yang bisa dilakukan orang tua untuk merangsang kemampuan berbicara pada anak.

Cara Menstimulasi Kemampuan Bicara Pada Anak

Lebih Sering Mengajak Anak Bicara
Ketika si anak sudah mulai bisa mengucapkan kata-kata meskipun baru seperti orang menggumam itulah saatnya Anda sebagai orang tua lebih sering mengajaknya berbicara. Sebenarnya akan lebih baik jika dimulai sebelum masa anak belajar bicara yaitu saat anak mulai bisa memegang sesuatu, katakan padanya benda apakah itu. Cara seperti akan merangsang si kecil menjadi lebih komunikatif.

Melatih Anak Bicara Melalui Cara yang Menyenangkan
Ada anak-anak yang sebelum tidur harus dibacakan dongeng oleh ayah atau ibunya. Kemungkinan besar hal tersebut sudah menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan orang tuanya sejak dia belajar bicara. Memang benar mendongeng bisa menjadi cara yang efektif untuk merangsang kemampuan anak berbicara. Selain mendongeng Anda bisa mengajarkan bicara dengan cara bernyanyi.

Mengajak Anak Bermain
Aktif mengajak anak untuk bermain bisa menjadi cara yang efektif dan menyenangkan bagi si kecil untuk lebih interaktif dan komunikatif. Permainan bisa berupa menggambar dan menunjukkan apa nama benda yang digambar tersebut kepada si kecil. Dengan begitu fase anak belajar membaca akan menjadi masa yang menyenangkan dan membuat si kecil merasa nyaman.

Membenarkan Perkataan Si Kecil
Ketika perbendaharaan kata yang dimiliki anak mulai banyak dan dia mulai lebih sering bicara orang tua harus mulai memperhatikan kata-kata yang diucapkannya. Jika ada kata yang kurang jelas perbaiki dengan cara mengulangi apa yang dikatakannya.


EmoticonEmoticon