Friday, February 26, 2021

7 Nutrisi Otak untuk Anak yang Harus Anda Penuhi

 

Kecerdasan anak dipengaruhi oleh beberapa hal. Selain faktor genetik, kecerdasan mereka juga dipengaruhi oleh stimulasi yang diberikan serta nutrisi yang didapatkan. Stimulasi biasanya diberikan melalui aktivitas atau permainan. Sedangkan kecukupan nutrisi didapatkan melalui makanan yang mereka konsumsi setiap hari. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk selalu memberikan nutrisi otak agar perkembangan otaknya bisa lebih maksimal. Berikut ini ada 8 nutrisi otak anak yang harus Anda penuhi:


Protein


Protein adalah makronutrien yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia, salah satunya yaitu perkembangan otak. Zat satu ini berperan dalam membentuk zat perantara yang bertugas membantu komunikasi antar sel otak. Ada banyak sekali makanan sumber protein yang bisa Anda pilih seperti ikan, telur, daging ayam, daging merah, tempe, tahu, kacang hijau, dan lain sebagainya.


Asam Lemak Omega 3


Asam lemak omega 3 adalah nutrisi yang hanya bisa didapatkan dari luar tubuh manusia. Pasalnya tubuh tidak bisa memproduksi omega 3, tidak seperti nutrisi lainnya. Jenis asam lemak omega 3 yang mampu mengoptimalkan saraf otak dan meningkatkan kecerdasan adalah DHA. Sedangkan sumbernya yaitu bahan makanan seperti tuna, salmon, sarden, kacang kedelai, dan juga telur.



Vitamin


Ada banyak jenis vitamin yang berguna untuk perkembangan otak anak, misalnya seperti vitamin B kompleks, E, dan B12. Vitamin B kompleks memiliki manfaat untuk pembentukan kimiawi seperti serotonin dan dopamine. Lalu vitamin E merupakan antioksidan yang bisa melindungi DHA. Vitamin E juga bisa ditemukan pada bagian otak yang berhubungan dengan penglihatan, daya ingat, pendengaran, kemampuan bahasa, dan kemampuan belajar. Sedangkan vitamin B12 berfungsi untuk memproduksi mielin.


Folat


Nutrisi otak anak yang penting bagi perkembangan otak si Kecil selanjutnya adalah folat. Nutrisi ini berperan dalam menjaga kemampuan untuk fokus dan mengembangkan daya ingat. Tidak hanya untuk otak saja, folat juga penting untuk perkembangan emosional si Kecil.


Karbohidrat


Karbohidrat biasanya dikenal sebagai makronutrien yang diperlukan sebagai sumber energi. Namun manfaat sebenarnya tidak hanya itu saja karena karbohidrat juga penting untuk mengembangkan kemampuan menyimpan memori dan kemampuan berpikir. Karbohidrat dengan glukosa polimer cocok untuk anak-anak karena lebih mudah dicerna dan diserap tubuh. Beberapa makanan yang bisa menjadi sumber karbohidrat yaitu kentang, beras merah, dan serealia.


Kolin


Kolin merupakan zat yang berfungsi untuk meningkatkan daya ingat dan mendukung perkembangan fungsi otak. Anda harus memenuhi kebutuhan kolin si Kecil agar kemampuan kognitifnya meningkat dengan baik. Kolin bisa didapatkan melalui makanan seperti dada ayam, ikan salmon, kacang hijau, udang, edamame, brokoli, dan telur.


Kalsium 


Kalsium dikenal menjadi nutrisi yang berperan penting dalam kesehatan tulang dan gigi. Namun ternyata nutrisi ini juga membantu perkembangan otak anak lebih maksimal. Pasalnya kalsium berperan sebagai penghubung antar sel di dalam otak manusia. Kalsium bisa didapatkan melalui salmon, susu, keju, dan tahu.


Omega 6


Bukan hanya asam lemak omega 3 saja, si Kecil juga membutuhkan omega 6 untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak lebih optimal. Asam lemak satu ini merupakan asam lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan kemampuan kognitif serta motorik anak. Anda bisa mendapatkan asupan omega 6 melalui makanan-makanan seperti kacang kedelai, kacang almond, dan kacang mede.


Itulah 8 nutrisi otak anak yang harus Anda penuhi agar pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil berjalan optimal. Jangan lupa juga untuk memberikan stimulasi yang tepat sesuai usianya. Pasalnya pemberian stimulasi tersebut bisa mendukung kecerdasan si Kecil. 


EmoticonEmoticon