Tuesday, April 13, 2021

Tips Memilih Mainan untuk Stimulasi Perkembangan Anak 6 Bulan

perkembangan anak 6 bulan

Mainan merupakan salah satu cara paling mudah untuk menstimulasi tumbuh kembang bayi. Pasalnya melalui mainan, bayi bisa mengembangkan banyak kemampuan mulai dari motorik, sensorik, dan lain sebagainya. Namun pemilihan mainan ini tidak boleh sembarangan. Anda harus memperhatikan beberapa hal agar perkembangan anak 6 bulan berjalan optimal. Langsung saja, berikut ini adalah tips yang bisa Anda ikuti untuk memilih mainan:

Perhatikan Kemampuan Si Kecil

Kemampuan setiap bayi bisa berbeda-beda, meskipun mereka berada di usia yang sama. Namun pada umumnya, bayi berusia 6 bulan sudah bisa duduk sendiri. Sesuaikan pilihan mainan dengan kemampuan si Kecil tersebut. Pasalnya ada juga bayi 6 bulan yang masih sulit mengubah posisi tubuhnya sehingga belum bisa duduk sendiri. Jika si Kecil belum bisa duduk sendiri, pilih mainan yang bisa meningkatkan kemampuannya.

perkembangan anak 6 bulan

Pilihan Mainan yang Bebas dari Bahan Kimia

Tips memilih mainan untuk stimulasi perkembangan anak 6 bulan selanjutnya yaitu memperhatikan bahan yang digunakan. Hindari mainan yang terbuat dari bahan kimia karena berbahaya untuk si Kecil. Selain bahan, Anda juga perlu memperhatikan cara penggunaannya.

Pastikan Mainan Tidak Berbahaya

Mainan yang tidak sesuai umurnya memang cukup berbahaya untuk si Kecil. Oleh sebab itu, sangat penting memilih mainan yang aman. Pastikan mainan tidak memiliki cairan kimia, ujung yang terlalu runcing, ataupun sela-sela yang mudah ditempati bakteri.

Pastikan Usia Mainan Tidak Terlalu Lama

Hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan saat memilih mainan untuk si Kecil yaitu melihat tanggal produksinya. Hal ini berkaitan dengan usia mainan yang akan Anda beli. Sebaiknya mainan yang Anda beli tidak memiliki usia yang terlalu lama. Pasalnya mainan yang terlalu lama memiliki kualitas yang menurun sehingga bisa saja membahayakan kesehatan si Kecil.

Itulah tips memilih mainan untuk stimulasi perkembangan anak 6 bulan. Di samping mainan, Anda juga perlu memperhatikan makanan pendamping. Pasalnya anak usia 6 bulan sudah membutuhkan makanan padat atau makanan pendamping ASI. Nestle CERELAC Sereal Bubur dan Nestle CERELAC Sereal Bubur Susu bisa menjadi pilihan Anda. Banyak pilihan rasa yang bisa disesuaikan selera si Kecil.


EmoticonEmoticon