Monday, September 20, 2021

6 Profesi Lulusan Cyber Security Indonesia yang Bisa di Pertimbangkan



Seiring perkembangan teknologi dan penyebaran informasi yang semakin cepat, Anda harus memiliki kemampuan yang relevan dengan kemajuan zaman tersebut. Bila tidak ingin ketinggalan jaman seperti orang lain, maka Anda harus melakukan upaya selangkah lebih maju. Ambil jurusan kuliah Cyber Security Indonesia di IDS Digital College yang menggunakan kurikulum internasional untuk mencetak ahli di bidang keamanan siber profesional. Kebutuhan tenaga ahli yang riil di lapangan membuat Anda bisa langsung kerja sebelum lulus kuliah pun.

Prospek Kerja Lulusan S1 Cyber Security Indonesia yang Menarik

Anda bisa memilih kuliah di PTS yang menawarkan jurusan Cyber Security Indonesia dengan sistem kuliah yang lebih fleksibel. Meskipun Anda bekerja pun, sistem kuliah bisa dilakukan pada akhir pekan sesuai dengan kebutuhan saja. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan potensi pekerjaan yang lebih mapan dengan gaji besar setelah selesai kuliah nanti. Berikut 6 profesi lulusan S1 Cyber Security yang potensial sesuai dengan kemajuan era digital yaitu :



  • Cryptographic analyst

Anda bisa bekerja di perusahaan atau organisasi milik pemerintah atau swasta yang membutuhkan SDM unggul untuk mengamankan data mereka. Menjadi cryptographic analyst yang ahli otak-atik sandi, coding, penerapan aplikasi kriptografi, dan lain-lain, kenapa tidak? 

  • Security analyst

Potensi karir kedua yang bisa Anda pilih adalah menjadi security analyst yang bertugas mendeteksi, mengatasi dan mencegah keamanan siber. Jaman serba digital ini memungkinkan adanya serangan siber yang bisa merugikan perusahaan akibat kebocoran data atau pengambilalihan data perusahaan. Butuh keterampilan dan inovasi Anda dalam menemukan metode-metode yang bisa mencegah ancaman siber perusahaan tempat bekerja.

  • Cyber Security Incident Analyst

Merupakan profesi yang dibutuhkan berbagai industri untuk menganalisis insiden keamanan siber di perusahaan tempat bekerja, ya! Anda perlu kemampuan analisa yang sistematis dan tepat dalam merencanakan program penanganan dan eskalasi insiden, lalu menganalisa, penanganan dan evaluasi dari insiden tersebut. 

  • Information Security Auditor

Profesi yang bisa Anda pilih bila memiliki kemampuan yang sangat teliti di bidang audit. Di era sekarang, ragam sektor finansial membutuhkan jasa auditor yang profesional baik full time information security auditor, paruh waktu atau bisnis startup Anda sendiri. 

  • Penetration Tester

Profesi yang sangat relevan sebab Anda mendapatkan mata kuliah tentang Penetration Information Testing ini. Anda bisa menjadi tenaga ahli yang menawarkan jasa job bug hunter yang dibutuhkan perusahaan di era digital ini. Gaji yang ditawarkan sangat besar tergantung pilihan Anda mau menjadi karyawan tetap atau freelancer yang lebih fleksibel.

  • Digital Forensic Analyst

Anda yang mengambil S1 Cyber Security akan mendapatkan mata kuliah Digital Forensic ini untuk mengetahui penyebab kebocoran data, apa yang terjadi dalam sistem data di komputer dan lain-lain. Pokoknya Anda yang suka hunting malware, wajib mempertimbangkan profesi ini. Toh, lembaga keamanan pemerintah banyak merekrut tenaga ahli di bidang digital forensic untuk menangani kasus-kasus keamanan siber dewasa ini.

Yuk, segera pertimbangkan mengambil jurusan kuliah Cyber Security Indonesia di IDS Digital College yang menawarkan program pendidikan formal, non formal dan pelatihan langsung! Anda bisa mendapatkan peluang penempatan kerja di perusahaan ternama yang menjalin kerja sama dengan pihak kampus. Menjadi lulusan Cyber Security yang profesional dan langsung bekerja di lapangan, kenapa tidak? Toh, Anda bisa memilih bekerja sebagai karyawan tetap perusahaan atau memilih sistem kerja yang lebih fleksibel sesuai keinginan masing-masing, ya!


EmoticonEmoticon