Sunday, October 17, 2021

Persiapkan Hal Ini Sebelum Kuliah Animasi

Jurusan Animasi saat ini sudah ada di beberapa kampus di Indonesia. Sesuai namanya, jurusan ini akan berfokus pada pembuatan animasi yang biasa kita lihat di bioskop, televisi, atau platform online. Sebelum masuk kuliah Animasi, ada baiknya Kamu mempersiapkan beberapa hal berikut ini:


Kenali Jurusan Animasi


Jurusan Animasi merupakan jurusan perkuliahan yang berfokus pada konsep gambar bergerak dari produksi TV atau film. Ada banyak proses, gaya, maupun teknik yang terlibat dalam pembuatan animasi tersebut. Oleh sebab itu, dibutuhkan pemahaman yang mendalam sehingga ahli animasi memiliki kemampuan profesional. Biasanya jurusan animasi akan berhubungan dengan penggunaan visual effect untuk menghasilkan animasi yang berkelas.


Ketahui Perbedaan dengan Jurusan Sejenis


Beberapa di antara Kamu mungkin penasaran mengenai perbedaan jurusan Animasi dan juga Desain Komunikasi Visual atau DKV. Perlu Kamu ketahui bahwa di beberapa kampus tidak ada jurusan Animasi. Mereka memasukkan Animasi sebagai konsentrasi yang bisa dipilih mahasiswa DKV.


Biasanya DKV sendiri terdiri dari tiga konsentrasi yaitu DKV New Media yang fokus pada metode reproduksi grafika dan tipografi, DKV Creative Advertising, serta DKV Animasi. Namun hal tersebut tergantung dari universitas yang Kamu pilih nantinya.



Pilihan Kampus


Jika menginginkan konsentrasi yang lebih spesifik, Kamu bisa memilih jurusan Animasi langsung bukan DKV. Salah satu kampus yang menawarkan jurusan Animasi secara langsung adalah International Design School yang berlokasi di Jakarta Selatan. Jurusan yang bisa Kamu ambil tersebut adalah Digital Animation & Games. Sesuai namanya, Kamu tidak hanya akan belajar mengenai animasi digital saja namun juga animasi games yang sedang digandrungi saat ini.


Bukan hanya mata kuliah yang spesifik mengenai animasi, International Design School juga memiliki beberapa keunggulan lainnya. Contohnya yaitu fasilitas lengkap, kampus mendukung proses pembelajaran yang kreatif, tim pengajar profesional, hingga kesempatan melanjutkan kuliah di luar negeri dengan biaya lebih terjangkau. 


Kemampuan Dasar yang Dibutuhkan Mahasiswa Animasi


Ada beberapa kemampuan dasar yang bisa mendukung proses perkuliahan Kamu sebagai mahasiswa Animasi. Langsung saja berikut adalah kemampuan dasar untuk kuliah Animasi:


Kreativitas


Industri animasi termasuk ke dalam industri kreatif. Jadi mahasiswa animasi harus memiliki jiwa kreativitas yang tinggi. Karya Kamu tidak akan meningkat apabila tidak melatih kreativitas.


Berorientasi pada detail


Pengerjaan animasi sangatlah tidak mudah. Kamu membutuhkan waktu yang panjang hanya untuk membuat satu episode saja. Oleh sebab itu, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi. Kamu perlu berorientasi pada detail untuk mendapatkannya.


Mampu menyampaikan pesan


Animasi tidak hanya untuk menarik minat orang saja. Namun juga berfungsi untuk menyampaikan pesan. Passionate pada bidang animasi bisa membantu Kamu menyampaikan pesan dengan baik. 


Tips Menjadi Mahasiswa Animasi


Agar Kamu bisa mendapatkan skill yang optimal, Kamu harus aktif selama menjadi mahasiswa. Dengan begitu peluang mendapatkan pekerjaan setelah lulus bisa terbuka lebih lebar. Langsung saja, berikut ini beberapa tips menjadi mahasiswa Animasi:


  1. Usahakan Kamu magang saat masuk kuliah nantinya. Ada banyak manfaat magang mulai dari mencari pengalaman, mendapatkan banyak relasi, dan lain sebagainya.
  2. Banyak praktek menggunakan software animasi seperti 3D Studio Max, Blender, Maya, dan lain sebagainya.
  3. Memiliki peralatan mendukung mulai dari PC atau laptop, buku, peralatan gambar, dan lain-lain.
  4. Cari inspirasi yang banyak melalui internet.

Itulah pembahasan mengenai jurusan Animasi bagi Kamu yang berminat untuk melanjutkan kuliah Animasi. Jika tertarik melanjutkan kuliah di IDS Digital College, Kamu bisa mencari informasi lebih lengkap dengan mengunjungi www.idseducation.com.


EmoticonEmoticon