Wednesday, December 15, 2021

Ketahui Perbedaan Giro dan Tabungan


Giro dan tabungan merupakan dua produk perbankan yang digunakan untuk menyimpan uang dengan aman. Uang di dalamnya sama-sama bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembelian, tarik tunai, dan lain sebagainya. Namun ternyata ada beberapa perbedaan giro dan tabungan mendasar yang perlu Anda ketahui. Apa saja? Berikut pembahasannya:

Media Penarikan Uang

Produk giro dan tabungan sama-sama bisa digunakan untuk tarik tunai. Namun media penarikan uang tersebut berbeda-beda. Pada tabungan biasa, Anda akan menggunakan media penarikan berupa buku tabungan atau kartu ATM. Sementara media penarikan uang untuk giro adalah cek atau bilyet giro. Nilai yang tertera di dalamnya sama seperti uang tunai.

Laporan Bulanan



Perbedaan giro dan tabungan selanjutnya ada pada laporan bulanan. Sebagai nasabah yang memegang produk tabungan tertentu, Anda tidak akan mendapatkan laporan bulanan. Jika ingin melihat laporan bulanan, Anda yang harus berinisiatif untuk mencetak rekening koran atau mutasi di m-banking. Sementara nasabah giro akan menerima laporan berupa rekening koran setiap bulannya. Laporan tersebut langsung dikirim ke alamat nasabah.

Jumlah Transfer dan Penarikan

Jumlah transfer dan juga penarikan dana pada rekening tabungan dibatasi oleh bank. Meskipun Anda memiliki saldo yang sangat banyak, namun jumlah transaksinya tetap dibatasi. Jika ingin melakukan transaksi dalam jumlah besar, nasabah pemilik tabungan harus datang langsung ke kantor bank. Sementara nasabah giro bisa melakukan transaksi seperti transfer dan penarikan tanpa batasan, asalkan saldo di dalamnya cukup.

Target Pengguna Produk

Berdasarkan manfaat produk giro dan tabungan, kita bisa mengetahui target pasarnya. Tabungan ditargetkan untuk perorangan atau perusahaan yang melakukan transaksi terbatas. Sedangkan giro ditargetkan untuk perusahaan yang sering melakukan transaksi besar.

Itulah beberapa perbedaan giro dan tabungan yang perlu Anda ketahui. Setiap produk perbankan memang memiliki manfaatnya masing-masing sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bank Danamon menawarkan kedua produk di atas baik itu giro maupun tabungan. Produk giro yang ditawarkan ada beberapa seperti Giro BISA, Giro Mitra Pasti, Prima Giro, dan Giro BISA iB. Selengkapnya mengenai produk giro Bank Danamon bisa dilihat di www.danamon.co.id karena setiap produk memiliki manfaat masing-masing.








EmoticonEmoticon