Tuesday, December 28, 2021

Seberapa Besar Peran input ASI untuk Bayi?



ASI dan bayi sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan karena menjadi sumber makanan utama. Bayi yang baru lahir hingga memasuki usia 6 bulan masih belum bisa mengkonsumsi makanan selain ASI. Inilah yang membuat ASI itu sendiri memiliki peranan yang penting. Pada usia tersebut, bayi memerlukan sangat banyak nutrisi agar dapat meneruskan proses tumbuh kembang. Agar kebutuhan input ASI bayi tercukupi dengan baik maka harus banyak mengkonsumsi makanan bergizi yang dapat meningkatkan produksi ASI. Air susu ibu yang dihasilkan secara alami ini mengandung banyak gizi yang tidak bisa didapatkan dari susu manapun.

Apa Saja Peran Penting ASI Untuk Bayi?




Anjuran untuk memberikan ASI eksklusif ini sudah banyak dilakukan oleh para tenaga dan ahli kesehatan. Beberapa ahli yang telah melakukan studi pun mendukung pemberian ASI eksklusif karena memang banyak sekali manfaatnya. Nah, di bawah ini merupakan peran penting ASI dalam tumbuh kembang si Kecil.

Kecukupan Gizi


Terpenuhinya kebutuhan gizi merupakan kunci dari proses tumbuh kembang bayi bahkan hingga menginjak remaja. Kandungan gizi pada ASI sangat lengkap mulai dari protein, mineral, vitamin serta berbagai macam kandungan lainnya. Gizi itulah yang akan membantu proses perkembangan fisik dan kognitif bayi. 

Gizi dan nutrisi berfungsi untuk mendukung perkembangan sel-sel penting dalam tubuh. Selanjutnya, jika semakin banyak sel-sel yang diproduksi maka akan semakin cepat pula proses penyempurnaan perkembangan organ dan jaringan penting lainnya. Dengan demikian, semua organ akan berfungsi dengan baik.

Perkembangan Otak


Berbicara tumbuh kembang, tidak hanya sekedar perubahan fisik saja namun juga secara kognitif. Perkembangan otak bayi yang baru lahir pun harus mendapatkan dukungan serius dengan memberikan ASI sesering mungkin. Nutrisi alami ASI mampu meningkatkan kemampuan kognitif sehingga akan memudahkan bayi untuk menyerap dan memproses informasi. Studi juga menunjukkan bahwa rata-rata bayi yang diberikan ASI eksklusif akan memiliki IQ tinggi. Tentunya, hal ini harus didukung dengan ASI yang berkualitas yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat kaya nutrisi. 

Berat Badan Ideal


Berat badan bayi juga kerap dijadikan tolak ukur terhadap kecukupan kebutuhan gizi. Bayi sehat adalah yang memiliki berat badan ideal. Umumnya, bayi yang diberikan ASI eksklusif akan memiliki berat badan yang ideal. Hal ini dikarenakan nutrisi yang terkandung pada air susu ibu tidak meningkatkan produksi insulin. Selain itu, ASI juga dapat membuat bayi merasa cepat kenyang karena memiliki kandungan leptin yang cukup tinggi. Jika masih ada yang anggapan bahwa bayi sehat adalah yang memiliki badan gemuk maka hal ini tidak benar. Kegemukan atau obesitas terhadap bayi dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya nanti.

Mencegah Infeksi Penyakit


Bayi lebih mudah terserang infeksi penyakit karena mereka masih belum memiliki pertahanan tubuh yang kuat. Nah, ASI mengandung zat antibodi alami yang dapat melindungi bayi dari resiko infeksi penyakit. Jika bayi aman terlindungi dari serangan penyakit maka ia pun akan tubuh sehat. Hal ini juga akan menunjang kelancaran proses tumbuh kembang selanjutnya.

Semua orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Namun sayangnya, pemberian ASI eksklusif ini tidak bisa dilakukan oleh semua ibu. Ada banyak faktor seperti produksi ASI tidak lancar atau bahkan tidak keluar sama sekali dan banyak faktor lainnya. Orang tua tidak perlu terlalu cemas karena bisa dengan memberikan susu pendamping agar kebutuhan gizi bayi tetap tercukupi dengan baik. Meskipun kandungan susu pendamping tidak bisa menyamai ASI namun formulanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Dengan demikian, proses tumbuh kembang akan tetap berjalan normal.

Nutricia merupakan salah satu nutrisi pendukung terbaik yang bisa digunakan untuk menunjang proses tumbuh kembang si kecil. Prosesnya dilakukan secara higienis dan terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi sehingga aman buat si Kecil. Coba Nutricia sekarang dan dapatkan manfaat maksimalnya. 


EmoticonEmoticon