Sunday, March 29, 2020

4 Pilihan Jenis Investasi Reksa Dana

Investasi Reksa Dana

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula masyarakat yang sadar akan pentingnya berinvestasi. Investasi memang menjadi cara terbaik untuk mempersiapkan finansial di masa yang akan datang. Reksa dana saat ini menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih masyarakat. Instrumen investasi ini memang terbilang mudah dan minim risiko. Disamping itu, ada beberapa jenis investasi reksa dana yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Penasaran apa saja jenis-jenisnya? Berikut ini diantaranya:



Reksa Dana Campuran


Reksa dana campuran merupakan jenis reksa dana dimana uang yang diinvestasikan akan dibagi ke dalam beberapa sektor seperti obligasi, saham, dan pasar uang. Jenis reksa dana ini memiliki return yang cukup tinggi namun dengan risiko menengah. Dimana risikonya masih lebih rendah dibanding reksa dana saham tetapi lebih tinggi dibanding reksa dana pendapatan tetap.

Reksa Dana Pendapatan Tetap


Untuk reksa dana pendapatan tetap, mayoritas uang yang diinvestasikan akan dialokasikan pada obligasi swasta maupun pemerintah. Sedangkan sebagian kecil akan dialihkan pada instrumen pasar uang jika pergerakan dari investasi yang dilakukan stabil. Karena keuntungannya, banyak orang lebih memilih reksa dana pendapatan tetap dibandingkan dengan deposito.

Reksa Dana Pasar Uang


Reksa dana pasar uang dinilai menjadi instrumen investasi yang paling aman dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya. Hal tersebut lantaran jenis reksa dana ini memiliki risiko kecil sehingga kerugian yang mungkin didapatkan juga kecil. Dana yang diinvestasikan pada reksa dana pasar uang mayoritas akan dialokasikan ke surat berharga atau deposito.

Reksa Dana Saham


Jenis reksa dana yang terakhir adalah reksa dana saham yang memiliki keuntungan paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Meski memiliki keuntungan paling tinggi namun reksa dana saham juga memiliki risiko paling tinggi. Bagi Anda yang tidak masalah dengan risiko besar maka reksa dana saham cocok untuk dipilih.

Itulah jenis investasi reksa dana yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) merupakan manajer investasi yang bisa Anda jadikan pilihan. Ada banyak produk yang bisa Anda pilih, mulai dari reksa dana syariah hingga reksa dana konvensional yang dibedakan kembali sesuai jenis investasi di atas. Agar lebih jelas, Anda bisa mengunjungi website resmi PT Manulife Aset Manajemen Indonesia di www.klilmami.com.



EmoticonEmoticon